Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Bercerita Berpasangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Larangan, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
SULISTIYONO, EKO. 2010. "Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Bercerita Berpasangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Larangan, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010." Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum, Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum..
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, teknik bercerita, berpasangan, keterampilan berbicara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif pada model Pembelajaran Kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 4 Larangan, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam dua kelompok, Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen terdiri dari 20 siswa dan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak.
Data penelitian ini diperoleh dengan tes lisan dalam bentuk berbicara dengan alokasi waktu 5 menit. Analisis untuk penelitian ini dilakukan dengan uji-t.
Hasil penelitian menujukkan thitung 6 dan setelah dikonsultasikan ke ttabel pada taraf signifikasi 5 % maka diperoleh ttabel 1,70. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak.
Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan teknik bercerita berpasangan berpengaruh positif terhadap kemampuan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 4 Larangan, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
English :
SULISTIYONO, EKO. 2010. "The Influence of Cooperative Learning Method Toward The Speaking Achievement of The Seventh Grade Students At SMP N 4 Larangan Brebes Regency In Academic Year 2009/2010". Thesis. Strata 1 Program. The Faculty of Teacher Training And Education, Pancasakti University Tegal.
Advisor I, Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum,. II, Sutji Muljani, M.Hum.
Key Words : Cooperative Learning Method, Convesation technique and Speaking Skill.
The objective of this research is to know whether, there is a positive Influence of Cooperative Learning Method and Convesation technique toward the Speaking skill of The Seventh Grade Students At SMP N 4 Larangan Brebes Regency In academic Year 2009/2010.
The populations of the research are all of the 7th grade students at SMP N 4 Larangan Brebes Regency in academic year 2009/2010. The sample is divided into two groups, the first group is experimental group consist of 20 students and the second group is control group consist of 20 students. The samples are taken by using random sampling technique.
The data of research is taken from the oral test in form speaking in 5 minutes. The Analysis to this research is taken by uji-t.
The result shows t ratio 6 and after consulted to t table on level significant 5% so it go ttable 1,70 The result of this research show that t ratio is bigger then t table.
From the analysis, the writer got the conclusion that the cooperative learning method and Convesation techniquen have positive influence toward the Indonesian speaking skill of 7th grade students at SMP N 4 Larangan Brebes Regency in academic year 2009/2010.
PBSID08101 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain