Skripsi
Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Layanan Konseling Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
ERNAWATI. 1107500816. 2010. Skripsi. Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Layanan Konseling Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Drs. Sukoco KW, Suriswo, S.Pd. M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Pengembangan Diri, Pembentukan Kepribadian.
Penelitian ini dilatar belakangi, setiap siswa ada keinginan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik, agar dapat berkembang perlu dilayani secara tepat dan benar.
Permasalahannya adalah bagaimana pengaruh pengembangan dari mulai layanan konseling dalam membentuk kepribadian siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010? Berangkat dari masalah itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan dari mulai layanan konseling dalam membentuk kepribadian siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penilaian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Brebes sebanyak 288 siswa, sampel dalam penelitian diambil 25% dari jumlah populasi yang berjumlah 288 siswa yaitu 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi Product Moment.
Hasil analisis diperoleh pelaksanaan layanan konseling dalam membentuk kepribadian pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Brebes dalam kategori cukup dan sedang yaitu dalam kategori cukup sebesar 30%, dan sedang sebesar 30%. Sedangkan Pelaksanaan layanan konseling melalui kegiatan pengembangan diri dalam membentuk kepribadian pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Brebes dalam kategori sedang dan baik yaitu sebesar 27,5%, dan baik sebesar 27,5%. Pengaruh pengembangan diri terhadap pembentukan kepribadian pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Brebes adalah dalam kategori "baik" dibuktikan dari hasil jawaban responden pada rentang skor 76 ? 100 dari 40 responden, sebagian besar diantaranya adalah dalam kategori sedang yaitu sejumlah 16 orang atau 40 % dan sejumlah 24 orang atau 60 % dalam kategori baik. Pengaruh pengembangan diri terhadap pembentukan kepribadian pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Brebes adalah dalam kategori "baik" dibuktikan dari hasil jawaban responden pada rentang skor 76 ? 100 dari 40 responden, sebagian besar diantaranya adalah dalam kategori sedang yaitu sejumlah 3 orang atau 7,5 % dan sejumlah 37 orang atau 92,5% dalam kategori baik.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah Kepada guru bimbingan dan konseling (BK) disekolah hendaknya menerapkan pengembangan diri melalui layanan konseling kepada siswa supaya dapat meningkatkan pembentukan kepribadian siswa karena dengan layanan konseling yang efektif dapat menciptakan pembentukan kepribadian yang baik.
Inggris :
ERNAWATI. 1107500816. 2010. Thesis. Influence of X'Self Development of Through Service Konseling of To Forming of Personality of Student of Class of VII SMP Country 3 Brebes of School Year 2009/2010. Drs. Sukoco KW, Suriswo, S.Pd. M.Pd. Faculty of Teacher ship and Science of Education of University of Pancasakti Tegal .
Keyword: X'Self Development, Personality Forming
This Research is background overshadow, each; every student there is desire develop the potency and efficiency, talent and enthusiasm, and also condition as according to characteristic of personality and x'self requirement by realistic, so that can expand require to be served precisely and real correct.
Its problems is how development influence from starting service consoling in forming personality of student of Class of VII SMP Country 3 Brebes of School Year 2009/2010? Leaving from that problem hence this research target is to know the development influence from starting service consoling in forming personality of student of Class of VII SMP Country 3 Brebes of School Year 2009 / 2010.
Population in this scoring student of Class of VII SMP Country 3 Brebes as much 288 student, sample in research taken by 25% from population amount amounting to 288 student that is 40 student. Method of data collecting used method questioner, interview, and documentation. While method analyze the data used statistic with the formula of correlation of Product Moment.
Result of analysis obtained by execution of service consoling in forming personality student of class of VII SMP Country 3 Brebes in category enough and is that is in category enough equal to 30%, and is equal to 30%. While Execution of service consoling of activity of x'self development in forming personality student of class of VII SMP Country 3 Brebes in category is and good that is equal to 27,5%, and good equal to 27,5%. influence of x'self Development to personality forming student of class of VII SMP Country 3 Brebes is in category "good" proved from result of responder answer spanning score 76 100 from 40 responder, most among other things is in category that is a number of 16 people or 40 % and a number of 24 people or 60 % in good category. influence of x'self Development to personality forming student of class of VII SMP Country 3 Brebes in category "good" proved from result of responder answer spanning score 76 100 from 40 responder, most among other things in category that is a number of 3 people or 7,5 % and a number of 37 people or 92,5% in good category.
Suggestion which can be recommended is To teacher of tuition and consoling (BK) at school shall apply the x'self development [of] [through/ passing] service consoling to student so that can improve the forming of student personality [of] because with the effective service consoling can create the good personality forming.
BK081022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain