Skripsi
Upaya Peningkatan Kedisiplinan Belajar melalui Bimbingan Pribadi pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
NURHAYATI, 2010. Upaya Peningkatan Kedisiplinan Belajar melalui Bimbingan Pribadi pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. H. Maufur, M.Pd., Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Bimbingan Pribadi
Masalah ketidakdisiplinan belajar siswa dapat dituntaskan melalui bimbingan. Bimbingan untuk menuntaskan ketidakdisiplinan belajar melalui tindakan bimbingan pribadi.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kedisiplinan belajar peserta didik, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pribadi pada peserta didik bermasalah, mengetahui upaya-upaya bimbingan pribadi pada peserta didik dan mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa setelah dilaksanakan bimbingan pribadi pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subyek penelitian kelas VIII yang kurang disiplin dalam belajar sejumlah 56 orang siswa dan tidak disiplin dalam belajar berjumlah 10 orang siswa. Tindakan Siklus I bimbingan pribadi melalui kelompok diskusi yang anggotanya terdiri dari siswa-siswa yang memiliki masalah dalam kedisiplinan belajar, kemudian masing-msing kelompok mengajukan maslah-masalah yang menyebabkan ketidakdisiplinan dalam belajar dan memecahkannya dalam statu diskusi dengan dipandu peneliti (sebagai pembimbing). Hasil diskusi menjadi komitmen bersama untuk memperbaiki kedisiplinan dalam belajar. Siklus II melakukan tindakan beruapa wawancara untuk mencari sebab-sebab dan memberikan solusi tentang masalah ketidakdisiplinan dalam belajar.
Hasil penelitian Peningkatan kedisiplinan siswa setelah dilaksanakan bimbingan pribadi pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, dari pra siklus ke siklus I peningkatan disiplin dari cukup disiplin 34 % naik 12 % menjadi 46 % dan kurang disiplin 34 % turun 27 % menjadi 7 %, tidak disiplin dari 3 % turun 2 % manjadi 1 %, kemudian dari siklus I ke siklus II disiplin 44 % naik 8 % menjadi 52%, cukup disiplin dari 46 % turun 1% menjadi 45 %, kurang disiplin dari 3 % menurun menjadi 1 %, dan tidak disiplin dari 1 % menurun menjadi 0 %.
Saran: Kepada Guru B, hendaknya selalu berusaha untuk melakukan peneltian tindakan kelas daam rangka menuntaskan masalah pribadi melalui bimbingan pribadi baik melalui diskusi atau wawancara dan Kepala Sekolah/Lembaga Pendidikan hendaknya memberikan kesempatan dan dana yang cukup untuk melakukan penelitian tindakan kelas melalui bimbingan pribadi dalam rangka meningkatkan layanan bimbingan dan penyuluhan
BK081023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain