Skripsi
Upaya Peningkatan Bimbingan dan Konseling Islami Terhadap Perubahan Perilaku Sopan Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kertasari 04 Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
AKHMAD LUKMAN HAKIM. 2010 Upaya Peningkatan Bimbingan dan Konseling Islami Terhadap Perubahan Perilaku Sopan Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kertasari 04 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Bimbingan Konseling. Dra.Sri Sumarsih, M. Pd. Drs, Sugiyanto HN, M.pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling Islami sebagai proses bantuan
Sebagai individu yang bertugas sebenarnya konselor atau guru pembimbing memegang peranan yang sangat penting sadar atau tidak sebagai manusia biasa mereka memiliki keterbatasan terutama dalam memahami diri sendiri, memahami individu atau peserta didik yang dibimbing potensi dan rahasia di balik masalah yang di hadapi individu.
Bimbingan Islami didefinisikan sebagai proses bantuan yang diberikan secara tulus ikhlas kepada individu atau sekelompok individu. Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan maksud untuk menemukan serta mengembangkan potensi-potensi mereka melalui usaha mereka sendiri baik untuk kebahagian pribadi atau sosial. Konseling Islami didefinisikan sebagai proses bantuan yang berbentuk kontak pribadi antara individu atau sekelompok individu yang mendapat kesulitan dalam suatu masalah dengan seorang petugas profesional dalam hal pemecahan masalah mengenai realitas diri secara optimal sesuai ajaran Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perubahan perilaku sopan pada siswa setelah diupayakan peningkatan bimbingan konseling islami pada siswa kelas VI SD Negeri Kertasari 04 Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2009/2010Tujuan penelitian ini adalah Untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami pada siswa kelas VI SD Negeri Kertasari 04 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VI SD Negeri Kertasari 04 Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VI SD Negeri Kertasari 04 Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 50 siswa.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Angket.Teknik analisis data yang diajukan dalam menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi product moment.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian maka penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut : Ha yang menyatakan adanya hubungan antara pengaruh perubahan perilaku siswa dengan diberikannya layanan bimbingan konseling islami. Kekuatan keeratan hubungan tersebut terindikasi dari perolehan nilai thitung sebesar 0,373 dimana apabila diinterpretasikan dengan nilai korelasi diatas, nilai thitung = 0,373 terletak pada adanya tingkat hubungan yang cukupan.
Saran yang berkaitan dengan layanan bimbingan dan konseling islami, maka perlu diupayakan peningkatan layanan bimbingan dan konseling islami agar siswa bisa terbantu dalam mengembangkan dirinya yang berkaitan dengan aspek keagamaan.
Inggris :
HAKIM AKHMAD LUKMAN. Efforts to Increase in 2010 Guidance and Counselling Islami on Change of Polite Behavior in Elementary School Students of Class VI Kertasari Tegal regency 2004 Academic Year 2009/2010. Thesis. Guidance Counseling. Dra.Sri Sumarsih, M. Pd. Drs, Sugiyanto HN, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education.
University Pancasakti Tegal.
Keywords : Guidance and Counselling Islami as a process aid
As an individual counselor or teacher on duty supervising actually plays a very important consciously or not as ordinary human beings they have limitations, especially in understanding yourself, understanding the individual or guided learners and potential secret behind the problems in dealing with individuals.
Islamic guidance is defined as the process is sincere assistance given to individuals or a group of sincere individuals. To increase faith and devotion to God Almighty in order to discover and develop their potential through their own efforts for both personal happiness or social. Islamic counseling is defined as a process aid in the form of personal contact between individuals or groups of individuals who have difficulty in a problem with a professional staff in terms of solving the problem of reality itself in an optimal fit of Islamic teachings.
Formulation of the problem in this study was How rude behavior changes in students after the attempted improvement of guidance counseling at an Islamic elementary school students of class VI Kertasari Tegal District 04 school year 2009/2010Tujuan this research is to obtain the description of the implementation of Islamic guidance and counseling at the elementary school students of class VI Kertasari State 04 Kabupaten Tegal Academic Year 2009/2010.
The population in this study were sixth graders Elementary School District 04 Kertasari Suradadi Tegal regency Academic Year 2009/2010. The sample in this study were sixth graders Kertasari Elementary School 2004 Academic Year 2009/2010 with the number 50 siswa.Metode data collection in this research is to use data submitted Angket.Teknik analysis in testing the hypothesis proposed in this study is the correlation product formula Moment.
Based on the discussion of research results, so the writer can give the following conclusion: Ha which suggested a link between the effects of changes in student behavior with a given Islamic guidance and counseling services. Strength of the relationship is indicated from the acquisition amounted to 0.373 t value which if interpreted with correlation values above, the value t = 0.373 lies in the existence of a moderate degree of correlation.
Suggestions relating to Islamic guidance and counseling services, it needed to boost Islamic guidance and counseling services to students could be assisted in developing themselves associated with the religious aspect.
BK081025 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain