Skripsi
Pengaruh Konseling Agama terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub Tahun Pelajaran 2009/2010
EVRINA, YESSY. 2010. Pengaruh Konseling Agama terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Konseling Agama, Kenakalan Siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah menyangkut bagaimana pengaruh konseling agama terhadap tingkat kenakalan siswa kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub Tahun Pelajaran 2009/2010. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling agama terhadap tingkat kenakalan siswa.
Penelitian ini mengambil populasi siswa kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan sampel siswa yang memiliki tingkat kenakalan dalam kategori tinggi yaitu sejumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Untuk analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi linier sederhana, dan analisis determinasi.
Melalui penelitian ini dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan konseling agama terhadap siswa kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub adalah dalam kategori baik dengan pencapaian 68,06% dari skor ideal. Sementara itu tingkat kenakalan siswa sesudah layanan konseling agama adalah dalam kategori rendah di mana mencapai 50,75% dari skor ideal. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa perolehan nilai korelasi antara konseling agama dengan tingkat kenakalan siswa kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub (rXY) adalah sebesar 0,701 dan dalam kategori kuat negatif, artinya semakin baik pelaksanaan konseling agama, maka ada kecenderungan akan semakin rendah tingkat kenakalan siswa. Demikian pula sebaliknya, semakin kurang baik pelaksanaan konseling agama, maka ada kecenderungan akan semakin tinggi tingkat kenakalan siswa. Melalui analisis regresi linier sederhana yang diuji menggunakan uji ?, dapat diperoleh zhitung = 5,462 > ztabel = 2,576 yang berarti konseling agama berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kenakalan siswa kelas VIII MTs. Al Kamal Tarub Tahun Pelajaran 2009/2010. Pengaruh tersebut ditunjukkan dari besarnya koefisien determinasi sebesar 49,14%, yang berarti variasi penurunan kenakalan siswa dapat dijelaskan oleh variasi variabel pelaksanaan konseling agama sebesar 49,14%, sedangkan sisanya sebesar 50,86% dijelaskan oleh variasi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.
Dalam meningkatkan efektivitas layanan konseling agama di masa-masa yang akan datang hendaknya digunakan teknik behavior therapy. Fokuskan pelaksanaan layanan konseling agama pada masalah yang dihadapi siswa. Hendaknya guru Bimbingan dan Konseling di MTs. Al Kamal Tarub Kabupaten Tegal meningkatkan profesionalismenya sebagai konselor dan pendidik di sekolah.
BK081027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain