Skripsi
Efektivitas Bidang Bimbingan Sosial dalam Mengarahkan Agresivitas Siswa Kelas VIII MTs. Iptek Randusari Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
SUKMA, FRIEDE MARTANTYA. 2010. Efektivitas Bidang Bimbingan Sosial dalam Mengarahkan Agresivitas Siswa Kelas VIII MTs. Iptek Randusari Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi: Prodi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Bimbingan Sosial, Agresivitas
Penelitian ini mengetengahkan pokok masalah sejauhmana efektivitas bimbingan dan konseling pada bidang bimbingan sosial dalam mengarahkan agresivitas siswa kelas VIII MTs. Iptek Randusari Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini merupakan penelitian sampel, yaitu siswa kelas VIII MTs. Iptek Randusari Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 sejumlah 50 siswa yang ditetapkan menggunakan teknik sample random sampling melalui undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi dengan instrumen utama kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu t-test.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi agresivitas siswa sebelum pelaksanaan bimbingan dan konseling bidang bimbingan sosial adalah dalam kategori positif. Hal ini terbukti, dari 50 siswa yang menjadi sampel terdapat 42 siswa atau 84% yang memiliki agresivitas positif, 6 siswa atau 12% memiliki agresivitas negatif, dan sisanya 2 siswa atau 4% memiliki agresivitas sangat positif. Dengan total skor sebesar 2.802, maka rata-rata agresivitas siswa adalah sebesar 56,04 dan dalam kategori agresivitas positif. Namun demikian, karena ada 6 siswa yang memiliki agresivitas negatif, maka diperlukan bimbingan sosial. Sedangkan kondisi agresivitas siswa setelah pelaksanaan bimbingan dan konseling bidang bimbingan sosial adalah dalam kategori sangat positif. Hal ini terbukti, dari 50 siswa yang menjadi sampel terdapat 27 siswa atau 54% yang memiliki agresivitas sangat positif, dan sisanya 23 siswa atau 46% memiliki agresivitas positif. Dengan total skor sebesar 2.032, maka rata-rata agresivitas siswa adalah sebesar 40,64 dan dalam kategori agresivitas sangat positif. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,897 > ttabel = 2,576 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara tingkat agresivitas sebelum dan setelah dilaksanakannya bimbingan dan konseling bidang bimbingan sosial pada siswa kelas VIII MTs. Iptek Randusari Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Pelaksanaan bimbingan sosial efektif untuk mengarahkan skala agresivitas siswa menjadi lebih positif.
Bagi guru bimbingan dan konseling direkomendasikan agar melaksanakan bimbingan sosial secara rutin dan intensif khususnya untuk mengarahkan skala agresivitas siswa agar lebih baik. Bagi sekolah, hendaknya memberikan dukungan terhadap kelancaran program bimbingan sosial di sekolah dengan menyediakan sarana-prasarana bimbingan yang memadai. Bagi orangtua siswa diminta untuk lebih berpartisipasi aktif dalam memantau perkembangan sikap dan perilaku agresif anak-anaknya, serta menghindari sejauh mungkin faktor-faktor yang berpotensi mengarahkan agresivitas siswa ke arah negatif.
BK081028 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain