Skripsi
Peranan Guru Pembimbing dalam Pengembangan Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
ERNAWATI,2010. NPM : 1107500782 . Peranan Guru Pembimbing dalam Pengembangan Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci : Peranan Guru Pembimbing, Perilaku Disiplin Siswa
Dewasa ini perilaku disiplin siswa sekolah menengah pertama sangat menurun padahal perilaku disiplin sangat diperlukan untuk mendukung tercapainya tujuan ,berkaitan dengan hal tersebut maka peranan guru pembimbing sangat diperlukan agar perilaku disiplin siswa dapat ditingkatkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan sejauhmana perenan Guru Pembimbing dalam pengembangan perilaku disiplin siswa sekolah menengah pertama kususnya di SMP Negeri 5 Ulujami dan juga untuk membuktikan peranan guru Pembimbing terhadap pembentukan perilaku disiplin antara siswa yang mendapat bimbingan dengan siswa yang tidak mendapat bimbingan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Diskriptif Analitik. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Ulujami Kabupaten PemalangTahun Pelajaran 2009 / 2010 merupakan populasi yang akan diteliti dengan jumlah siswa 72 siswa,sampling diambil dengan metode random sampling dengan teknik undian sejumlah 24 siswa atau 75% dari jumlah populasi. Untuk pembuktian hipotesis sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 12 siswa yang mendapat bimbingan dari Guru Pembimbing dan 12 anak yang tidak mendapat bimbingan dari Guru Pembimbing.Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data variabel adalah metode observasi / pengamatan sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah uji independent antar dua factor,yaitu Uji hipotesis daftar kontingensi 2 x 2 dengan rumus Chi Kuadrat dengan koreksi Yates.
Hasil analisa data menunjukan bahwa X² > X tabel dengan taraf signifikan 5 % maupun 1 % dk = 1 dan N = 24, yaitu : 8,16 > 3,81 dan 8,16 > 6,63. Berarti kedua factor tersebut tidak independent. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Guru Pembimbing sangat berperan dalam pengembangan perilaku disiplin siswa SMP Negeri 5 Ulujami Kabupaten Pemalang.
Disarankan kepada kepala sekolah bahwa di sekolah mengaktifkan peranan guru pembimbing untuk mengaktifkan layanan bimbingan secara terprogram dan bersinergi dengan harapan pembentukan konsep diri dapat terbentuk secara baik sehingga dapat terwujud kondisi yang menyenangkan bagi siswa, pelaksanaan layanan konselng kelompok, hendaknya lebih ditingkatkan lagi usaha-usaha dalam pemberian layanan secara baik, semua tenaga pengajar dan guru bimbingan dan konseling (BK) hendaknya senantiasa menunjukkan secara konsisten pemberian layanan bimbingan terhadap siswa dan siswa perlu aktif dalam mendukung program sekolah secara baik dan benar.
BK081032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain