Skripsi
Peningkatan Pemahaman Drama Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Margasari Tahun Pelajaran 2009/2010
MAULIDA, NPM : 1505500515. 2010. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhamadiyah Margasari Tahun Ajaran 2009 / 2010". Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum .
Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Prestasi belajar
Hasil belajar siswa pada pokok bahasan drama di SMP Muhamadiyah Margasari belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Hal ini dimungkinkan karena penggunaan metode yang kurang efektif. Untuk mengatasi penggunaan metode yang kurang efektif tersebut, dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan metode pembelajaran kontekstual yang menekankan pada partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP Muhamadiyah Margasari VIII tahun pelajaran 2009/2010 pada pokok bahasan drama, dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual.
Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah Margasari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data berasal dari pengamatan dan hasil evaluasi dengan tolak ukur keberhasilan nilai rata-rata 6,5 dengan pencapaian batas ketuntasan 65% atau lebih.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa dari tiap siklus yaitu siklus I rata-rata 6,07 dengan ketuntasan 60,52%, siklus II dengan rata-rata 6,95 dengan ketuntasan 34,21%. Penelitian mencapai tolak ukur keberhasilan setelah dilaksanakan siklus II, dengan nilai rata-rata siswa mencapai 6,95 dan ketuntasan belajar 34,21%.
Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan drama di kelas VIII SMP Muhamadiyah Margasari. Disarankan agar dalam mengajar pokok bahasan drama sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran kontekstual.
PBSID08105 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain