Skripsi
Dampak Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI MO.1 SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
PUSPITASARI, NURUL HUDA APRILIYANI, NPM : 1107500788. Dampak Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI MO1 SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal dan Kedisiplinan Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak masalah yang timbul salah satunya rendahnya kedisiplinan anak dalam belajar. Kedisiplinan belajar yang rendah tersebut antara lain tidak membuat jadwal belajar, tidak ada upaya untuk menepati waktu belajar, tidak ada tempat belajar yang layak, malas mengerjakan PR yang diberikan guru baik di sekolah maupun di rumah, kesulitan dalam membaca dalam hati, kurang memelihara kondisi kesehatan. Kebiasaan belajar siswa yang kurang baik ini jika dibiarkan akan merugikan anak itu sendiri oleh karenanya perlu usaha-usaha untuk membantunya. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana keadaan kedisiplinan siswa sebelum dilakukan layanan bimbingan klasikal?; 2) Bagaimanakah keadaan kedisiplinan siswa sesudah dilakukan layanan bimbingan klasikal? dan 3) Apakah ada perbedaan keadaan kedisiplinan siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan klasikal? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keadaan kedisiplinan siswa sebelum dilakukan layanan bimbingan klasikal; 2) Untuk mengetahui keadaan kedisiplinan siswa sesudah dilakukan layanan bimbingan klasikal; 3) Untuk mengetahui perbedaan keadaan kedisiplinan siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan klasikal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MO1 di SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan tahun pelajaran 2009/2010. yang berjumlah 150 siswa. Data mengenai variabel layanan bimbingan klasikal dan kedisiplinan belajar dilakukan dengan metode angket, sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk teknik analisa data menggunakan rumus Uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada dampak yang positif layanan bimbingan klasikal terhadap kedisiplinan belajar pada siswa Kelas XI SMK Yapenda 2 Wiradesa Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil perhitungan uji t sebesar 15, 439 kemudian dibandingkan dengan skor ttabel N = (N1 + N2 - 2) = (108 + 108 - 2) = 114 untuk taraf signifikansi 5% sebesar 1,980. Hasilnya thitung sebesar 14,439 > 1,980 atau thitung > ttabel taraf signifikan 5%. Hal ini berarti bahwa kedisiplinan belajar antara sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan klasikal terdapat perbedaan yang signifikan.
Saran dalam penelitian ini perlunya diadakan komunikasi antara sekolah dengan orang tua baik melalui pertemuan bekala maupun korespondensi yang berkaitan dengan : kedisiplinan belajar.
Inggris :
PUSPITASARI, NURUL HUDA APRILIYANI, NPM : 1107500788. Affect The Service of Classical Tuition to Discipline Learning of The Eleventh Year Students MO1 of SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan in the academic year 2009/2010
Password : The Service of Classical Tuition and Discipline Learning
This research is background still a lot of problem of arising out one of them is low child discipline in learning. Discipline learn the low for example don't schedule for to learn, there no effort to keep early hours to learn, there no place learn competent, lazy do home work given by teacher of either in school and also at home, difficulty in reading at heart, less look after the health condition. Habit learn the unfavourable student if let will harm the itself child for the reason need the efforts to assist it.
Problems which is discussed in by this thesis are: 1) How circumstance of student discipline before done by service of classical tuition 2) What will be circumstance of student discipline is hereafter done by service of classical tuition? and 3) What there is difference of circumstance of student discipline between before and after done by service of classical tuition? Target which wish reached in this research are: 1) To know the circumstance of student discipline before done by service of classical tuition; 2) To know the circumstance of student discipline after done by service of classical tuition 3) To know the difference of circumstance of student discipline between before and after done by service of classical tuition.
Population in this research is all students of The Eleventh Year Students MO1 of SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan in the academic year 2009/2010. amounting to 150 student. Data of concerning variable of service of classical tuition and discipline learning done with the enquette method, while documentation method as complement method. For the technique of analyse the data use the formula t test.
By virtue to result of inferential solution and research hence that there is impact which are positive service of classical tuition to discipline learning of The Eleventh Year Students MO1 of SMK Yapenda 2 Wiradesa Pekalongan in the academic year 2009/2010. This matter can be proved from calculation result the t test of equal to 15, 439. Later compared to score of ttabel N = ( N1 + N2 - 2 = (108 + 108 - 2 = 114 for the level of signifikansi 5% equal to 1,980. Its result is tresult of equal to 14,439 > 1,980 or tresult > ttabel of level signifikan 5%. Matter of this means that discipline learning between] before and after done by service of classical tuition there are difference which significant.
Suggestion in this research the importance of performed by communications of school with the good parent through periodic meeting and also correspondence of related to discipline learning.
BK081033 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain