Skripsi
Pendekatan Keterampilan Proses dan Pendekatan Van Hiele dalam Pembelajaran Membaca Telaah Isi Siswa Kelas X SMA N 1 Kersana Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Anisah, Murni. "Peningkatan Kemampuan Membaca Telaah Isi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kersana Brebes Tahun Ajaran 2009 / 2010 dengan Pendekatan Keterampilan Proses dan Pendekatan Van Hiele". Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum, Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd
Kata kunci : Membaca telaah isi. pendekatan keterampilan proses, dan pendekatan Van Hiele
Pembelajaran membaca telaah isi dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah pendekatan pembelajaran yang diantaranya adalah dengan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan Van Hiele.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan membaca telaah isi setelah dilakukan pendekatan keterampilan proses pada siswa SMA N 1 Kersana Brebes?, (2) Bagaimana kemampuan membaca telaah isi setelah dilakukan pendekatan Van Hiele pada siswa SMA N 1 Kersana Brebes?, (3) Adakah perbedaan kefektifitasan antara pendekatan keterampilan proses dan pendekatan Van Hiele dalam pembelajaran membaca telaah isi pada siswa SMA N 1 Kersana Brebes?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan membaca telaah isi setelah dilakukan pendekatan keterampilan proses pada siswa SMA N 1 Kersana Brebes, (2) mengetahui kemampuan membaca telaah isi setelah dilakukan pendekatan Van Hiele pada siswa SMA N 1 Kersana Brebes, (3) mengetahui perbedaan efektifitas pendekatan keterampilan proses dan pendekatan Van Hiele dalam pembelajaran membaca telaah isi siswa kelas I SMA N 1 Kersana Brebes.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua pendekatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 01 Kersana Brebes Tahun Ajaran 2009/2010 dengan jumlah populasi lima kelas kemudian diambil sampel secara random ternyata jumlah yang keluar adalah kelas XI. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu pendekatan keterampilan proses dan pendekatan Van Hiele. Pengumpulan data menggunakan metode eksperimen, observasi dan tes sehingga analisis yang digunakan adalah kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca telaah isi dengan kedua pendekatan skor rata-rata kelas 20,1 dan 13,8. setelah menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan Van Hiele terjadi perubahan pada siswa. Siswa yang merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran membaca menjadi lebih tertarik dan bersemangat mengikuti pembelajaran.
PBSID08106 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain