Skripsi
Keefektifan Layanan Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
Amriti, Uci. 2010. NPM : 1106500318. Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Perilaku Agresif.
Banyak dijumpai perilaku agresif di SMA Negeri 5 Tegal. Perilaku agresif tersebut jika tidak dikendalikan akan mengganggu pengembangan diri siswa, sehingga perlu diadakan layanan konseling kelompok.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik mengangkat permasalahan yaitu : 1) Bagaimana perilaku agresif siswa sebelum layanan konseling kelompok. 2) Bagaimana perilaku agresif siswa sesudah layanan konseling kelompok. 3) Apakah efektif layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Penulisan skripsi ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui perilaku agresif siswa sebelum layanan konseling kelompok. 2) Untuk mengetahui perilaku agresif siswa sesudah layanan konseling kelompok. 3) Untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 5 Tegal sebanyak 222 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang memiliki perilaku agresif paling tinggi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok variabel bebas (X), perilaku agresif variabel terikat (Y). Data diambil dengan observasi dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : menghargai diri sendiri (X1) pada Zhitung 2,14 > Ztabel 1,96, Menghargai orang lain (X2) Zhitung 2,13 > Ztabel 1,96, Mengenal diri sendiri (X3) Zhitung 2,04 > Ztabel 1,96, Terbuka dan jujur (X4) Zhitung 2,05 > Ztabel 1,96, Menyelesaikan masalah dengan pikiran jernih (X5) Zhitung 2,04 > Ztabel 1,96, Mengakui kesalahan (X6) Zhitung 2,06 > Ztabel 1,96, Bekerjasama dengan orang lain (X7) Zhitung 2,19 > Ztabel 1,96, Mengarahkan emosi kepada hal positif (X8) Zhitung 2,08 > Ztabel 1,96, Menerima perbedaan pikiran dengan orang lain (X9) Zhitung 2,12 > Ztabel 1,96.
Berkaitan dengan hasil penelitian ini penulis mengajukan saran : 1) Bagi Kepala Sekolah hendaknya dalam membuat suatu peraturan tidak dibuat secara sepihak. 2) Bagi para pembimbing hendaknya lebih memperbanyak kegiatan-kegiatan yang sifatnya pencegahan-pencegahan masalah bagi siswa. 3) Bagi para siswa hendaknya menaati peraturan yang ada di SMA Negeri 5 Tegal.
Inggris :
Amriti Uci. 2010. NPM: 1106500318. Effectiveness Services group Counselling In Reduce Students Aggressive Behaviour braze X SMA Country 5 Tegal School Years 2009 / 2010
Key word: Agglomerate Counselling service, Aggressive behaviour
There are many met by aggressive behaviour at SMA Country 5 Tegal. That aggressive behaviour if unchecked will trouble development self student, so needs to be arranged by agglomerate counselling service.
Base that description, therefore writer interests to lift about problem which is: 1 ) How student aggressive behaviours before agglomerate counselling services. 2 ) How student aggressive behaviours after agglomerate counselling services. 3 ) If effective agglomerate counselling services in reduce students aggressive behaviour braze x SMA Country 5 Tegal School Years 2009 / 2010.
This paper writing intent: 1 ) To know student aggressive behaviours before agglomerate counselling services. 2 ) To know student aggressive behaviours after agglomerate counselling services. 3 ) To know agglomerate counselling service effectivenesses in reduce students aggressive behaviour braze x SMA Country 5 Tegal School Years 2009 / 2010.
This observational population is all SMA'S student Country 5 Tegal as much 222 students. Sample took by tech purposive is sampling . Total sample that is utilized in this research as much 40 student that have highest aggressive behaviour. Variable that is utilized in this research is variable agglomerate counselling service free (X ), variable aggressive behaviour bonded (Y. ). Data took by observation and acquired data dianalisis by use of Quiz Wilcoxon. Result observationaling to point out that: price thyself (X 1 ) on z. computing 2,14> Z table 1,96, Pricing others (X 2 ) Z computing 2,13> Z table 1,96, Know thyself (X 3 ) Z computing 2,04> Z table 1,96, Open and honest (X 4 ) Z computing 2,05> Z table 1,96, Troubleshoot with unclouded think (X 5 ) Z computing 2,04> Z table 1,96, Acknowledge the corn (X 6 ) Z computing 2,06> Z table 1,96, In collaboration with others (X 7 ) Z computing 2,19> Z table 1,96, Leading emotion to positive thing (X 8 ) Z computing 2,08> Z table 1,96, Accept distinctive think with other people (X 9 ) Z computing 2,12> Z table 1,96.
Get bearing with yielding observational it writer proposes tips: 1 ) For headmaster ought to deep makes a regulation don't be made unilateral. 2 ) For counsellors ought to more increase activities that its character problem prevention for student. 3 ) For students ought to abide by regulation that is at SMA Country 5 Tegal.
BK081035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain