Skripsi
Penelitian Tentang Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII E )
Indonesia :
YOSO PAMBUDI, UNTUNG. NPM: 1107500791. 2010. Penelitian Tentang Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII E )" Skripsi, Tegal : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Februari 2010
Kata Kunci: Kesulitan Belajar
Latar belakang masalah. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, artinya, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa oleh masyarakat internasional dalam berbagai bidang. Misalnya, dalam forum-forum resmi, masyarakat internasional cenderung menggunakan bahasa Inggris sebagaai bahasa medianya bahkan digunakan disekolah menengah atupun dasar. Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan kesulitan belajar bahasa Inggris, dan (2) mengungkap dan menjelaskan penyebab kesulitan belajar bahasa Inggris kelas VIII E SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik studi kasus. Populasi dalam penelitian ini ditentukan, yaitu tiga orang siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang dengan jumlah 46 siswa yang terdiri dari 23 orang siswa putra dan 23 orang siswa putri. Subjek penelitian ini ada tiga orang siswa. Prosedur pengambilan subjek penelitian ditempuh dengan metode pengumpulan data melihat dokumen, yaitu daftar kelas. Variabel yang diteliti ada dua, yaitu: (1) kesulitan belajar bahasa Inggris, dan (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 4, yaitu: teknik dokumentasi, obsevasi, wawancara, dan kegiatan home visit. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif interaktif secara tematis.
Hasil penelitian ini berupa data tentang (1) jenis kesulitan belajar bahasa Inggris dan (2) faktor penyebab. Jenis kesulitan belajar bahasa Inggris meliputi kesulitan pada keterampilan membaca; menyimak; berbicara; dan menulis. Faktor penyebab kesulitan bahasa Inggris meliputi dua faktor: (1) Faktor Interen: Faktor intern, yaitu: sering sakit, gagap dalam berbicara, kurang motivasi, kurang minat, kurang percaya diri, tidak senang kepada guru, dan malas belajar. (2) Faktor Eksteren: faktor eksteren yaitu fasilitas belajar kurang, keadaan ekonomi keluarga lemah, kurangnya motivasi dari orang tua, guru dan metode pengajaran yang tidak disuakai, dan kebiasaan penggunaan bahasa jawa dilingklungannya.
Rekomendasi agar tidak mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris, yaitu: perlunya banyak latihan dan keberanian menggunakan bahasa Inggris, dan penyediaan fasilitas belajar yang memadai.
Inggris :
YOSO PAMBUDI, UNTUNG. 2010.NPM : 1107500791. This research about causes of difficulties studying English in SMP 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang 2009/2010 period ( Study case at Eight grade of class E ) Thesis, Tegal: Teaching and Education Faculty, Panca Sakti Univercity, Tegal.
Key words: Difficulties of Study
The Background of problem. English language as international language, means: English language used by society as international language in all field. Example: in many forum, society international like using English language and in the Elementary and junior school too. The Aim this research is: 1. to describe difficulties of studying English and 2. to reveal and to explain causes difficulties studying English at SMP 2 Randudongkal VIII E Pemalang.
Kinds of this research using kualitative descriptive method with case study technical. Population in this research is three students VIII E SMP 2 Randudongkal, Pemalang with subject 46 students is contain 23 boys and 23 girl students. Subject this research is three students. Procedure taking subject with document assembling method : Class list.variable that research there are two: 1. difficulties studying English and factors that causes difficulties studying English. Technical is using there are four: Documentation technical, observation, interview, and home visit activity. Data analisys technical is using interactive kualitative with sistematis.
Conclution this research is data about 1. Kinds difficulties studying English and 2. Causes factor. kinds difficulties studying English is difficulties reading skill, listening, speaking, and writing. the factor causes difficulties is: (1) Intern factor, students often sick, difficulties speaking, less motivation, less confidents, no respect with teacher, lazy. (2) Extern factor: less facilities, economy is poor, no motivation from their parents, teacher and teaching method that dislike, and using java language in surrounding.
Recommendation in order to did not concern difficulties studying English, need more practice and braving using English language, and much study facilities.
BK081036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain