Skripsi
Pengaruh Bimbingan Belajar Pada Anak Yang Berasal Dari Tingkat Status Ekonomi Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Kelas X DI SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Arif Budiman, NIM. 1106500237.. Pengaruh Bimbingan Belajar Pada Anak Yang Berasal Dari Tingkat Status Ekonomi Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Kelas X DI SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, FKIP. UPS Tegal, Dr. Sitti Hartinah D.S., M.M. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Status Sosial Ekonomi, dan Kedisiplinan Siswa.
Penelitian ini membahas tentang bimbingan belajar kaitannya dengan kedisiplinan siswa di SMA Al Irsyad Tegal. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar di kelas X SMA AL Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, (2) Bagaimanakah status sosial ekonomi orang tua siswa di kelas X SMA AL Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, dan ( 3) Apakah bimbingan belajar pada anak yang berasal dari tingkat status ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbinganbelajar pada anak yang berstatus sosial kelas rendah, mengetahui kedisplinan siswa menurut status sosial orang tua, dan untuk mengetahui berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini dilaksankan di SM Al Irsyad tegal, sampel dalam penelitian sebanyak 45 siswa masing-masing keluarga status sosial rendah 10 siswa, status sosial menengah ada 20 siswa dan status sosial atas ada 15 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi produk monent.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga rxy sebesar 0,958 apabila dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 45 diperoleh nilai rtabel = 0,288 dan pada taraf signifikansi 1% rtabel sebesar 0,372, maka hal ini dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan uji regresi linier dengan SPSS Versi 10 diperoleh harga r xy 0,958 yang berarti lebih tinggi dari rtabel = 0,288 dan pada taraf signifikansi 1% rtabel sebesar 0,372, maka hal ini dapat dikatakan signifikan.
Signifikansi tersebut dipandang sebagai salah satu bentuk keberhasilan. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: Ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan bimbingan belajar pada anak yang berasal dari tingkat status sosial ekonomi keluarga terhadap kedisplinan belajar pada kelas X di SMA Al Irsyad Kota Tegal tahun Pelajaran 2009/2010, diterima.
Simpulannya adalah pelaksanaan layanan bimbingan belajar pada siswa di SMA Al Irsyad Tegal dilaksanakan dengan baik, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, eveluasi dan tindak lanjut. Kegiatan layanan bimbingan belajar dilaksanakan secara kontinyu dua jam per minggu tiap kelasnya. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan belajar berpengaruh secara signifikan.
Inggris :
Arif Budiman, NIM. 1106500237. The influence of learning advices on the students from family's Economic status to the Students discipline of Tenth grade students in senior High School Al-Irsyad Tegal Academic Years 2009/2010. Dr. Sitti Hartinah D.S., M.M. Suriswo M.Pd.
Key Word : Learning Advice, Social Economic Status and Students' Discipline.
This research discused about the relation between learning advice with the students' discipline in Senior High School of Al-Irsyad Tegal. There are ; first, how to do the ativities of learning advice on the tenth grade students in Senior High School of Al-Irsyad Tegal, second what are the parents social economic status on tenth grade students in Senior High School of Al-Irsyad Tegal., and teh third, do the learning advice of the students with the certain famyli's economic status influence to the students discipline on the tenth grade students in Senior high School of al-irsyad Tegal. The objectivies of this research are ; First, to know the learning advice on the students that have low social, second, to know the students discipline based on the family's social status, and the third to know the influence between the learning advice of the students with the certain family's economic status to the students discipline of the tenth grade students in senior High school of Al-Irsyad Tegal.
The samples of this research are students on the tenth grade students in Senior High School of al-Irsyad Tegal academic Years 2009/2010. There are as students for samples. There are 10 students from low faamily's economic status, 20 students from middle family's economic status. 15 students from high family's economic status. The technique of collecting data in this research are by using questioner and documentation. Data analisys of this research is by using corelation product moment formulation.
The results of acounting from this research showed that Rxy = 0,958. Then consulted with R table on the significant degree 5% and the fredoom degree 45 hade been got R table = 0,288 and the significant degree 1% had been gor R table = 0,372. Because of Rxy = 0,958 and the R table = 0,288 so Rxy is bigger than R table (0,958>0,372). Because of that the acounting data in this research can be said significant.
Based on the acounting above, the writer can conclude that this research is succes. So the hipothesys that had been written : there is significant influence between learning advice activity with family's social economic status the tenth grade students in Senior High School of Al-Irsyad Tegal Academic Years 2009/2010
The conclused of this research showed that the serving of learning advice to the tenth grade students in Senior High School of al-Irsyad Tegal had been down well. Those serving of learning advice activities had been done continualy two hours per week in each class. Because of that, this research can be said that the activities of learning advice influence significantly.
BK081037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain