1,70) dan (36,36 > 1,70). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dalam menulis dan mempresentasikan puisi." />
Skripsi
Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Rangka Peningkatan Kreativitas Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Talang Tahun Pelajaran 2009/2010
FATILLAH, THANT. 2010. "Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Rangka Peningkatan Kreativitas Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Talang Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.; Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : pendekatan kontekstual, kreativitas
Pembelajaran keterampilan menulis dan presentasi puisi dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek itu, perlu digunakan pendekatan kontekstual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Jika pendekatan kontekstual diterapkan dalam pembelajaran, maka kemampuan kreativitas belajar Bahasa Indonesia akan semakin meningkat.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Talang, dengan jumlah populasi 253 siswa. Peneliti mengambil kelas VIIA sebagai sampel penelitian dengan jumlah 43 siswa, yang dijadikan kelas eksperimen untuk penelitian. Sampel diambil secara random sampling (diambil 20% dari jumlah 43 siswa).
Data penelitian ini diperoleh dari hasil penilaian pretes dan postes. Analisis data dari analisis penelitian diuji dengan menggunakan uji t non-independen. Berdasarkan dari analisis menulis puisi dengan t hitung 28,84 dan presentasi puisi dengan t hitung 36,36 dimana t tabel dengan derajat kebebasan 33 pada taraf signifikansi 0,05 harga t tabel 1,70. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (28,84 > 1,70) dan (36,36 > 1,70). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dalam menulis dan mempresentasikan puisi.
PBSID081010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain