Skripsi
Evektifitas game of math to increase achievement in mathematics (a study done at the second semester of seventh grade students of SMP Negeri 2 Dukuhwaru Academic Year 2009/2010 on materials up even).
Indonesia :
HARYANI, TRI, 2010. NPM. 1506500668 "Pengaruh Penderita Skizofrenia terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". 1. Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. 2. Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. FKIP. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : skizofrenia, prestasi belajar.
Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah karakteristik siswa yang menderita Skizofrenia di kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tegal. Bagaimanakah prestasi belajar bahasa Indonesia siswa yang menderita Skizofrenia di kelas XI SMA Negeri 3 kota Tegal. Apakah gangguan kejiwaan Skizofrenia berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik siswa yang menderita skizofrenia di kelas XI SMA Negeri 3 kota Tegal. (2) Prestasi belajar bahasa Indonesia yang menderita Skizofrenia di kelas XI SMA Negeri 3 kota Tegal. (3) Gangguan kejiwaan Skizofrenia berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 3 kota Tegal.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa yang diduga kuat mengalami gangguan Skizofrenia. Metode penelitian ini dilakukan dengan wawancara untuk mendapatkan kategori siswa yang mengalami Skizofrenia, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang prestasi belajar bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tegal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Korelasi Serial atau rumus r ser .
Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari 20 siswa diduga mengalami Skizofrenia ternyata ada tiga kategori yakni sangat ringan, ringan dan sedang. Prestasi belajar siswa yang mengalami gangguan Skizofrenia rata-rata dibawah ketuntasan belajar yaitu kurang dari 60. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari gangguan Skizofrenia terhadap prestasi belajar mereka. Diketahui bahwa harga korelasi mencapai 0,8 yang dianggap signifikan dan pada kategori cukup berpengaruh.
Simpulan hasil penelitian ini Skizofrenia berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 kota Tegal dimana nilai r ser lebih tinggi dari nilai r tabel. r ser senilai 0,8 yang berarti sangat signifikn positif
Saran penulis yang perlu disampaikan adalah (1) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Bimbingan Konseling serta wali kelas untuk secara intensif memberikan kepercayaan kembali kepada mereka agar memiliki sikap positif terhadap dirinya dan memiliki motivasi untuk belajar. (2) teman-teman sebaya agar mendorong dan ikut serta menciptakan susana pergaulan yang hangat dan tidak mengucilkan siswa yang mengalami masalah tersebut sehingga timbul rasa percaya diri bahwa dirinya sama dengan teman-temannya, (3) bagi orang tua untuk memperhatikan kondisi anak-anaknya dengan menerapkan pola asuh yang bijaksana dan demokratis serta menciptakan lingkungan keluarga yang hangat dan harmonis.
English :
BUDIANTO, ANDIKA.2010, "Evektifitas game of math to increase achievement in mathematics (a study done at the second semester of seventh grade students of SMP Negeri 2 Dukuhwaru Academic Year 2009/2010 on materials up even)." Mathematics Education. 1. Hj. Isnani, Si 2. Drs. Paridjo, M.Pd. FKIP. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Evektifitas, Game of Math, Achievement, Math.
Difficult lessons in teaching the children with expository teaching method is very boring for students. As an alternative method using the game of dominoes can also be used as a fun alternative to business as well as children play children can also do with learning the game.
This study aims to determine the differences in mathematics achievement between the classroom learning using the game of dominoes with classroom learning using expository methods of achievement in mathematics for the material up even in the second semester of seventh grade students of SMP Negeri 2 Dukuhwaru Academic Year 2009/2010.
The population of this study is the second semester of seventh grade school year 2009/2010 in SMP Negeri 2 Dukuhwaru District Dukuhwaru Tegal regency with a total 249 students, divided into six classes. Taking sempel cluster random sampling taken two classes VII C-class sample of 40 students as an experimental class (with methods of learning the game of dominoes) and class VII A class of 40 students as a control (expository teaching method). The research instrument used was a test evaluation study. To test the class on class VII C of 40 students. Before in a test sample prior to class in his first test in class test to to get validity, reliability, daya beda and tingkat kesukaran. Data analysis for this study using a t-test two side and a t-test right side.
Results showed there were differences in academic achievement between the classroom learning mathematics using dominoes game with class expository teaching method. The experimental results using the method of learning the game of dominoes is higher than the Control class expository teaching method.
PBSID081011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain