Skripsi
Peningkatan Sikap Kecakapan Sosial Siswa melalui Kegiatan Layanan Konseling Kelompok (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)
Indonesia :
NURDININGSIH. 2010. "Peningkatan Sikap Kecakapan Sosial Siswa melalui Kegiatan Layanan Konseling Kelompok (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Drs. Dino Rozano, M. Pd. Drs. Sugiyanto HM., M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Kecakapan sosial, konseling kelompok.
Kegiatan bimbingan dan konseling merupakan upaya bantuan untuk mewujudkan perkembangan manusia secara optimal baik secara kelompok maupun individu. Salah satu jenis layanan dalam bimbingan dan konseling adalah konseling kelompok yang jika dilaksanakan dengan teratur dan sesuai prosedur yang ada serta dilakukan secara berkelanjutan akan menumbuhkan kecakapan hidup bagi anggota kelompok terutama kecakapan sosial atau kecakapan antar personal (interpersonal skill). SMA PGRI Brebes merupakan lembaga pendidikan menengah tingkat atas di bawah naungan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Dikdasmen Provinsi Jawa Tengah. SMA PGRI Brebes dengan jumlah 542 siswa yang mempunyai sikap kecakapan sosial yang berbeda-beda.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap kecakapan sosial siswa melalui kegiatan layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI Brebes tahun pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori, kerangka berpikir, dan hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : siswa yang mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok akan memiliki sikap kecakapan sosial yang meningkat.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA PGRI Brebes. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 31 siswa putri yang terbagi dalam 5 kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus menyajikan 5 kelompok. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan sosiometri. Teknik analisis data menggunakan rumus prosentase tingkat penguasaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I berlangsung kurang baik, karena masih 44 siswa (97,77 %) kurang memahami dan hanya 1 siswa (2,23 %) saja yang cukup memahami kegiatan layanan konseling kelompok dan pengaruhnya bagi sikap kecakapan sosial siswa. Pelaksanaan siklus II, terdapat 1 siswa (2,22%) berkategori baik sekali, 28 siswa (62,22%) berkategori baik, 15 siswa (33,33 %) cukup, dan 1 siswa (2,22%) berkategori kurang dalam mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok dan memahami manfaat dan pengaruhnya terhadap sikap kecakapan sosial siswa. Pelaksanaan siklus III, terdapat 18 siswa (40 %) berkategori baik sekali, 27 siswa (60 %) berkategori baik dalam mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok dan memahami manfaat dan pengaruhnya terhadap sikap kecakapan sosial siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sikap kecakapan sosial siswa melalui kegiatan layanan konseling kelompok. Diharapkan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan dengan dukungan dari berbagai pihak.
Inggris :
NURDININGSIH, 2010. "Upgrading student's social skill attitude through group counseling service activity ( Classroom action research of XI IPA students at SMA PGRI Brebes in academic year 2009/2010)" Thesis. Counseling and Guidance Program. Drs. Dino Rozano, M.Pd. Drs. Sugiyanto HM.,M.Pd. Faculty of Education and Teachers Training. Pancasakti University Tegal.
Key words : Social skill, Group Counseling
Counseling and Guidance activity is an assist effort to realize the optimal human development either in group or individually. One of Counseling and Guidance services is group counseling which if it is done regularly and appropriate with the procedure and sustained will develop member of group's life skill especially social and interpersonal skill. SMA PGRI Brebes is an intermediate Education institution with 542 students who have a different social skill.
The purpose of the research is to know the upgrading student's social skill attitude through group counseling service activity of xi ipa students at SM PGRI Brebes in academic year 2009/2010.
Based on theoretical background and frame of thinking, the hypothesis of this research can be formulated as follows: students who take group counseling service activity can rise their social skill attitude.
The research location is SMA PGRI Brebes. There are 45 students as a subject with 14 males and 31 females divided into 5 groups. This is Classroom Action Research which is done in 3 cycles. Each cycles presents 5 groups.
The data collection using questionnaire, direct observation and socio metric. The data is analyzed using level master percentage formula.
The result shows that the first cycle activities did unfavorable, because there is 44 students (97,77%) who less understand and only 1 student (2,23) who understand enough about group counseling service activity and its influences of student's social skill attitude. Fort the second cycle activities there is a students (2,22%) has a very good category, 28 students (62,22%) in good category, 15 students (33,33%) enough and a students who has not good enough in participating group counseling service activity, its advantages and the influences of student's social skill attitude. And for the third cycles activities there is 18 students (40%) have a very good category, 27 students (60%) have good one in participating and understanding the advantages and influences of group counseling service activity in upgrading student's social skill attitude.
It can be concluded that there is an upgrading student's social skill attitude through group counseling service activity. It is hopefully that the activity can be done regularly and sustained encouraged by all stakeholders.
BK081039 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain