Skripsi
Pengaruh Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010.
TRIWAHYUTI, YANTI. NPM. 1507500856. Skripsi. 2010. Pengaruh Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: TRIWAHYUTI, YANTI. NPM. 1507500856. Skripsi. 2010. Pengaruh Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Penguasaan kosa kata, Kemampuan, Kalimat efektif.
Penyusunan kalimat efektif merupakan hal yang menarik yang menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini perlu dirumuskan selaras dengan rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penguasaan kosa kata siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang tahun 2009/2010, (2) Mendeskripsikan penguasaan Penyusunan kalimat efektif siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010, (3) Menemukan kejelasan pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan penyusunan kalimat efektif siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian adalah enam bulan mulai tanggal 21 Mei sampai tanggal 21 November 2009. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Adapun yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang diambil secara acak (random sampling) pada sejumlah siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Penguasaan kosa kata merupakan variabel bebas (x), sedangkan penyusunan kalimat efektif sebagai variabel terikat (y), pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, yang berupa tes penguasaan kosa kata dan tes penyusunan kalimat.Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentasedan teknik uji t.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil (1) penguasaan kosa kata siswa SMP Satya Praja Pemalang kelas VII rendah. Hal itu terlihat pada hasil tes rata-rata penguasaan kosa kata , yaitu 63,8 (2) Kemampuan Penyusunan kalimat efektif siswa SMP Satya Praja Pemalang kelas VII juga rendah. Hal itu terlihat pada hasil tes rata-rata penyusunan kalimat efektif, yaitu 65,9 dan (3) Hipotesis penelitian (H1) diterima, karena harga t hitung 3,88 lebih besar dari t hitung dengan harga kritik tk 95%, yaitu 2,10. Hal itu menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penyusunan kalimat efektif.
Pembimbing II: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Penguasaan kosa kata, Kemampuan, Kalimat efektif.
Penyusunan kalimat efektif merupakan hal yang menarik yang menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini perlu dirumuskan selaras dengan rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penguasaan kosa kata siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang tahun 2009/2010, (2) Mendeskripsikan penguasaan Penyusunan kalimat efektif siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010, (3) Menemukan kejelasan pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan penyusunan kalimat efektif siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian adalah enam bulan mulai tanggal 21 Mei sampai tanggal 21 November 2009. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Adapun yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang diambil secara acak (random sampling) pada sejumlah siswa kelas VII SMP Satya Praja Pemalang Tahun 2009/2010. Penguasaan kosa kata merupakan variabel bebas (x), sedangkan penyusunan kalimat efektif sebagai variabel terikat (y), pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, yang berupa tes penguasaan kosa kata dan tes penyusunan kalimat.Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentasedan teknik uji t.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil (1) penguasaan kosa kata siswa SMP Satya Praja Pemalang kelas VII rendah. Hal itu terlihat pada hasil tes rata-rata penguasaan kosa kata , yaitu 63,8 (2) Kemampuan Penyusunan kalimat efektif siswa SMP Satya Praja Pemalang kelas VII juga rendah. Hal itu terlihat pada hasil tes rata-rata penyusunan kalimat efektif, yaitu 65,9 dan (3) Hipotesis penelitian (H1) diterima, karena harga t hitung 3,88 lebih besar dari t hitung dengan harga kritik tk 95%, yaitu 2,10. Hal itu menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penyusunan kalimat efektif.
PBSID081013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain