Skripsi
Pengaruh Nilai-Nilai Spiritual terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa Kelas IX SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)
Indonesia :
Sri Sukatmi. 2010. Pengaruh nilai Spiritual terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa Kelas IX SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Dino Rozano, M.Pd. Suriswo, SPd. M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Nilai-nilai Spiritual, Prestasi Belajar Siswa.
Salah satu dampak dari pesatnya kemajuan globalisasi ini adalah adanya kemerosotan moral dan etika manusia, yang terwujud dalam nilai-nilai spiritual dan akibatnya manusia mulai kehilangan makna hidup. Dengan menyadari dan memahami kecerdasan spiritual yang ada dalam diri manusia, akan mampu mendorong manusia untuk mengikuti hal- hal yang lebih baik dan berpengaruh dalam peningkatan berpikir, bertindak, bertingkah laku termasuk dalam peningkatan prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi nilai-nilai spiritual siswa, dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa, serta untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai spiritual terhadap peningkatan presatasi belajar Siswa Kelas IX SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Kekeringan spiritual terjadi sebagai produk dari IQ manusia yang tinggi. Semakin banyak orang cerdas, semakin banyak pula kesulitan dan masalah yang timbul, karena tidak diimbangi kebijaksanaan sejati. Sebagai jembatan, kecerdasan spiritual mengintegrasikan semua kecerdasan manusia. Kecerdasan spiritual menjadikan manusia benar - benar utuh secara intelektual, emosional maupun spiritual
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Pius Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 125 siswa. Sampel penelitian diambil 20 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 25 siswa. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara acak atau undian. Tehnik pengumpulan data pokok yang digunakan adalah kuesioner ( angket ), sedangkan sebagai alat bantu pengumpulan data pokok adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah tehnik korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga r Product Moment sebesar 0,678 r tabel T.S. 5% N 25 sebesar 0.396. dari hasil tersebut dapat diketahui r hitung lebih besar dari r tabel ( r hit 0,678 > r tabel 0,396 ) . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh antara variabel nilai-nilai spiritual dengan variabel prestasi belajar siswa adalah positif dan signifikan. Sedangkan hasil penelitian dengan tehnik Spearman Brown diperoleh r 11 sebesar 0,808 r tabel T.S. 5% N 25 sebesar 0,396 dan dilihat dari tabel konvensional r 0,71- 0,90 tergolong berkorelasi tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel nilai-nilai spiritual dengan prstasi belajar siswa termasuk berkorelasi tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Skripsi ini disarankan bagi guru BK agar lebih mendampingi siswa siswi untuk meningkatkan kesadaran dan pendalaman akan nilai - nilai spiritual demi untuk peningkatan prestasi belajar siswa.
Inggris :
SRI SUKATMI, 2010. The influence of spiritual values to the students' achievement in learning ( Analytical Descriptive Study among students grade IX of PIUS Junior High School Tegal in 2009/2010). The Script of Guidance and Counsel. Dr Dino Rozano, MPd. Suriswo, SPd. MPd from Teacher's Learning and Education Faculty of Pancasakti University, Tegal
Key Word : Spiritual Values and Students' learning Achievement.
One of the negative effects of global development is moral and ethics decline of human being which is visualized in the spiritual values that make people lose their meaning of life. By realizing and understanding the spiritual intelligence in the human mind, it will be able to encourage people to follow better thought, action and behavior and also the development of students' achievement.
The purpose of this study is to discover the condition of students' spiritual values and their effects to the students grade IX at Pius Junior High School, Tegal, and to know their learning achievement in 2009/2010 period.
The lack of spiritual is produced by people with high intelligence. The more intelligence persons the more troubles will exist, because of the imbalance of the true wisdom. Spiritual intelligence is a way to integrate all of human intelligence. It makes people' intelligence, emotional and spiritual filled up completely.
The object of this research is all students grade IX at Pius, consists of 125 students. The sample takes 20 % of the whole students, namely 25 students. The technique of sample withdrawal is done randomly or based on the lottery. The technique of basic data accumulation used is questionnaire , while its instrument assistance is documentation observation and interview. Data analysis used in this study is Product Moment Correlation technique.
The result of the study shows that the cost of r Product Moment is 0,678 r table T.S. 5 % N 25 is 0,396. From this result can be concluded that r hitung is more than r table ( r hit 0,678 > r table 0,396). Therefore it can be told that the influence between variable of spiritual values and variable of students learning achievement is positive and significant, while the result of research with the Spearman Brown technique which r 11 hitung is 0,808 r table T.S. 5 % N 25 is 0,396 compared to conventional table r 0,71 - 0,90 is categorized as high correlation. So it can be concluded that the influence of spiritual variable values to the students' learning achievement belongs to high correlation. Finally Ho is.denied and Ha is accepted This script is supposed to be used by guidance and counsel teacher to guide the students to increase their awareness in spiritual and moral values to develop their learning achievement.
BK081041 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain