Skripsi
Pengaruh Konseling Pribadi Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Kecemasan Menghadapi UAN Pada Siswa Kelas IX Semester II di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
AMANDA SEFTIANI, 2010. Skripsi yang berjudul, Pengaruh Konseling Pribadi Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Kecemasan Menghadapi UAN Pada Siswa Kelas IX Semester II Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S., M.M. Suriswo. S.Pd. M,Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci ; Konseling Pribadi, Pendekatan Behavioral dan Kecemasan.
Penelitian ini dilatar belakangi, kecemasan akan timbul bila seseorang menghadapi kesulitan sehingga rasa ketakutan dan kekhawatiran kerap dirasakan. Apabila dibiarkan, maka dapat mengganggu konsentrasi belajar. Untuk itu konselor dituntut aktif dalam membantu siswa melalui konseling guna mengatasi tingkah laku yang menyimpang yaitu kecemasan dalam menghadapi UAN.
Permasalahannya apakah ada Pengaruh Konseling Pribadi Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Kecemasan Menghadapi UAN Pada Siswa Kelas IX Semester II di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes. Berangkat dari masalah itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Pribadi Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Kecemasan Menghadapi UAN Pada Siswa Kelas IX Semester II di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX, pengambilan sampel dengan teknik propotional random sampling terdata 36 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas Konseling Pribadi dengan Pendekatan Behavioral dan variabel terikat Kecemasan Menghadapi UAN. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah statistika dengan rumus korelasi Product Moment.
Dari tabel analisa di atas, ditemukan rhitung diperoleh 0.343 > 0,329 rtabel batas penolakan dengan taraf signifikan 5%, data hasil perhitungan kemudian dikorelasikan dengan rtabel, sehingga dapat dikatakan bahwa ada Pengaruh Konseling Pribadi Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Kecemasan Menghadapi UAN Pada Siswa Kelas IX Semester II di SMPN 1 Losari hal ini didukung hasil Konseling Pribadi Dengan Pendekatan Behavioral angka capainya adalah 1040 rata-rata menjawab di atas angka capaian 60% dari skor ideal dan dapat dikategorikan cukup baik, sedangkan Kecemasan Menghadapi UAN ditemukan angka capainnya 1412 atau mencapai angka capaian 82% dari skor ideal dapat dikategorikan tinggi namun sisanya menjawab kurang baik dan dapat diindikasikan sisanya berada dalam menjalankan konseling kurang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa kelas IX SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes yang sudah mendapatkan layanan konseling pribadi lebih baik dibandingkan siswa yang belum mendapatkan layanan konseling pribadi di sekolah.
Inggris :
AMANDA SEFTIANI, Entitled influence of Personal Counseling Behavioral Approach Against With UAN Facing Anxiety In Semester II Class IX Student SMPN 1 Losari Brebes Academic Year 2009/2010. Dr. Hj. Sitti Hartinah DS., M.M. Suriswo, S.P.d, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal.
Keyword : Personal Counseling, Behavioral Approach and Anxiety
The background of this research is anxiety will when a person faces difficulties so that felling of fear and anxiety are often felt. If allowed, it can disrupt the concentration of study. For that counselors are actively involved in helping students through counseling to overcome the deviant behavior that is the anxiety in facing the exam.
The problem is whether there is Personal Counseling Behavioral Approach Against With UAN Facing Anxiety In Semester II Class IX Student SMPN 1 Losari Brebes Academic Year 2009/2010. Departure from the problem that the purpose of this study is to determine effect of Personal Counseling Behavioral Approach Against With UAN Facing Anxiety In Semester II Class IX Student SMPN 1 Losari Brebes Academic Year 2009/2010.
The population in this study were students of class IX, sampling with random sampling technique propotional data collected on 36 students. Variable consisted of independent variables with the Personal Counseling Behavioral Approach Anxiety Facing the dependent variable exam. Methods of data collection methods used were questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis methods used are statistical with Product Moment Correlation formula.
From the above analysis table, found rhitung obtained 0,343 > 0,329 rtabel calculations rtabel, so that there can say Effect of Behavioral Counseling Approach To Personal With UAN Facing Anxiety In Class IX Students Semester II at SMPN 1 Losari Brebes Academic Year 2009/2010 it supported the Personal Counseling with Behavioral achieve it is a 1040 number average answer above 60% achievement rate of the ideal score and can be categorized as good, while UAN found Facing Anxiety this accomplishe figures reached in 1412 or 82% achievement from the ideal score can be categorized as high, but the rest answered less well and may be indicated in conducting counseling rest was lacking.
Thus can conclude that the level of anxiety students SMP 1 Losari Brebes who have received personal counseling services better than students who have not received a personal counseling service in schools.
BK081044 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain