Ftabel, maka koefisien arah Y = 39,597 X + 0,097 berarti dan Untuk uji linieran diperoleh F =0,434. Jika ? = 5%, dk pembilang k - 2 = 28 dan penyebut diperoleh dari N - k = 62, diperoleh tabel Ftabel = 1,58. Karena Fhitung < Ftabel, sehingga model regresi linier dapat diterima. maka koefisienkorelasi bersifat nyata atau berarti dengan kata lain hipotesis adanya hubungan bimbingan belajar dan kemandirian belajar diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada sampel, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar siswa menunjukkan ada pengaruh terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010. Saran- saran yang dapat direkomendasikan adalah kepada guru pembimbing untuk meningkatkan layanan pembelajaran, terutama materi dan pelaksanaan layanan, sehingga siswa yang mengalami hambatan dalam belajar akan segera dapat teratasi, untuk mencapai sasaran/tujuan layanan bimbingan belajar khususnya siswa yang mengalami kesulitan belajar hendaknya ada sinerji antar guru, sehingga mudah untuk identifikasi masalah belajar siswa. Tujuan layanan bimbingan belajar hendaknya lebih jelas dan operasional, sehingga siswa mudah dalam penyesuaian. Kepada guru khususnya guru pembimbing : pembimbing memberikan keleluasaan pada siswa untuk lebih dulu memecahkan masalah sendiri sehingga tingkat kemandirian belajar siswa lebih mudah tercapai, membuat daftar pantauan guna mengetahui siswa asuhnya yang kesulitan belajar secara mandiri utuk selanjutnya diberi konseling, membuat kelompok belajar untuk membantu siswa dalam belajar mandiri di luar sekolah. Kepada orang tua: hendaknya memantau perkembangan anak di rumah, misalnya memberi perhatian pada kesulitan belajar yang dialami di rumah, orang tua hendaknya menyediakan tempat belajar sendiri bagi anaknya di rumah untuk membantu kemandirian siswa dalam belajar, membantu belajar anak di rumah apabila mengalami kesulitan belajar, misalnya dengan memberi dorongan motivasi. Kepada siswa hendaknya proaktif untuk memperoleh layanan belajar, sehingga kesulitan belajar teratasi. Inggris : Nur, Marini. (2010), NPM: 1106500263. "The Effect of Tutoring Services to Self-Reliance Learning eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District Academic Year 2009/2010" Keywords: learning Tutoring Services, Self-Reliance Student Learning. Background problems in this research are still many students who are less independent in their study, due to lack of understanding of techniques to learn the proper guidance. Some teachers provide guidance about the difficulty to form independent student learning. The teacher has not been widely conducted tutoring services for students. This is because the guidance is directed at students' learning attitudes and habits of mastery learning, the material that fits with its ability so that the desired learning goals more easily achieved. On the basis of this background that formulated the problem 1) how the implementation of guidance services at the eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year. how do self study class VIII in SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year, whether there is influence between tutoring services to students of class VIII self study in SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year. So the goal is achieved in this research are: 1) To know the implementation of tutoring services at the eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang district academic year 2009/2010. To know the self study student in class VIII 6 Petarukan Pemalang District school year 2009/2010. 3) To examine how the effect of tutoring services on the independence of learning on the students of class VIII 6 Petarukan Pemalang district academic year 2009 / 2010.Melalui tutoring students for self directed learning. The population in this study were all second semester of eighth grade students of SMP Negeri 6 Petaruka much as 182 students with a sample of 92 students with a random sampling technique claster. Methods of data collection are questionnaire and documentation. The data analysis technique is a predictor of regression analysis. After the data is processed by way of statistics and consulted with the table F, obtained Freg = 0.434. With Freg " />