Ftabel, maka koefisien arah Y = 39,597 X + 0,097 berarti dan Untuk uji linieran diperoleh F =0,434. Jika ? = 5%, dk pembilang k - 2 = 28 dan penyebut diperoleh dari N - k = 62, diperoleh tabel Ftabel = 1,58. Karena Fhitung < Ftabel, sehingga model regresi linier dapat diterima. maka koefisienkorelasi bersifat nyata atau berarti dengan kata lain hipotesis adanya hubungan bimbingan belajar dan kemandirian belajar diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada sampel, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar siswa menunjukkan ada pengaruh terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010. Saran- saran yang dapat direkomendasikan adalah kepada guru pembimbing untuk meningkatkan layanan pembelajaran, terutama materi dan pelaksanaan layanan, sehingga siswa yang mengalami hambatan dalam belajar akan segera dapat teratasi, untuk mencapai sasaran/tujuan layanan bimbingan belajar khususnya siswa yang mengalami kesulitan belajar hendaknya ada sinerji antar guru, sehingga mudah untuk identifikasi masalah belajar siswa. Tujuan layanan bimbingan belajar hendaknya lebih jelas dan operasional, sehingga siswa mudah dalam penyesuaian. Kepada guru khususnya guru pembimbing : pembimbing memberikan keleluasaan pada siswa untuk lebih dulu memecahkan masalah sendiri sehingga tingkat kemandirian belajar siswa lebih mudah tercapai, membuat daftar pantauan guna mengetahui siswa asuhnya yang kesulitan belajar secara mandiri utuk selanjutnya diberi konseling, membuat kelompok belajar untuk membantu siswa dalam belajar mandiri di luar sekolah. Kepada orang tua: hendaknya memantau perkembangan anak di rumah, misalnya memberi perhatian pada kesulitan belajar yang dialami di rumah, orang tua hendaknya menyediakan tempat belajar sendiri bagi anaknya di rumah untuk membantu kemandirian siswa dalam belajar, membantu belajar anak di rumah apabila mengalami kesulitan belajar, misalnya dengan memberi dorongan motivasi. Kepada siswa hendaknya proaktif untuk memperoleh layanan belajar, sehingga kesulitan belajar teratasi. Inggris : Nur, Marini. (2010), NPM: 1106500263. "The Effect of Tutoring Services to Self-Reliance Learning eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District Academic Year 2009/2010" Keywords: learning Tutoring Services, Self-Reliance Student Learning. Background problems in this research are still many students who are less independent in their study, due to lack of understanding of techniques to learn the proper guidance. Some teachers provide guidance about the difficulty to form independent student learning. The teacher has not been widely conducted tutoring services for students. This is because the guidance is directed at students' learning attitudes and habits of mastery learning, the material that fits with its ability so that the desired learning goals more easily achieved. On the basis of this background that formulated the problem 1) how the implementation of guidance services at the eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year. how do self study class VIII in SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year, whether there is influence between tutoring services to students of class VIII self study in SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year. So the goal is achieved in this research are: 1) To know the implementation of tutoring services at the eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang district academic year 2009/2010. To know the self study student in class VIII 6 Petarukan Pemalang District school year 2009/2010. 3) To examine how the effect of tutoring services on the independence of learning on the students of class VIII 6 Petarukan Pemalang district academic year 2009 / 2010.Melalui tutoring students for self directed learning. The population in this study were all second semester of eighth grade students of SMP Negeri 6 Petaruka much as 182 students with a sample of 92 students with a random sampling technique claster. Methods of data collection are questionnaire and documentation. The data analysis technique is a predictor of regression analysis. After the data is processed by way of statistics and consulted with the table F, obtained Freg = 0.434. With Freg " />
Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Nur, Marini. ( 2010 ), NPM : 1106500263. "Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 /2010"
Kata Kunci : Layanan Bimbingan belajar, Kemandirian Belajar Siswa.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang mandiri dalam belajarnya, karena kurang memahami teknik bimbingan belajar yang tepat. Beberapa guru kesulitan memberikan layanan bimbingan tentang membentuk kemandirian belajar siswa. Para guru belum banyak melaksanakan layanan bimbingan belajar bagi para siswanya. Hal ini karena dalam bimbingan belajar siswa diarahkan pada penguasaan sikap dan kebiasaan belajar, materi yang cocok dengan kemampuannya sehingga tujuan belajar yang diinginkan lebih mudah tercapai. Atas dasar latar belakang tersebut maka masalah yang dirumuskan 1) Bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. bagaimanakah kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010, apakah ada pengaruh antara layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. Sehingga tujuan dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009 / 2010. Untuk mengetahui kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP 6 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009 / 2010. 3) Untuk mengetahui seberapa pengaruh antara layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP 6 Petarukan kabupaten pemalang tahun pelajaran 2009 / 2010.Melalui bimbingan belajar siswa diarahkan untuk mandiri dalam belajarnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 6 Petaruka sebanyak 182 siswa dengan jumlah sampel 92 siswa dengan teknik claster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data adalah analisis regresi 1 prediktor. Setelah data diolah dengan cara statistik dan dikonsultasikan dengan tabel F, diperoleh Freg = 0,434. Dengan Freg < Ftabel untuk taraf signifikan 5% atau 0,434 < 1,58 maka dapat disimpulkan bahwa Freg sangat signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah : 1) Gambaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan belajar dalam upaya membentuk kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan adalah sangat baik, hal ini terlihat pada siswa yang mengikuti bimbingan belajar diatas rata - rata lebih banyak yaitu sebanyak 53 siswa dari total 92 siswa dengan nilai rata - rata sebesar 53,946. 2) Gambaran tentang kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan memiliki gambaran yang sangat baik, hal ini terlihat pada Kemandirian belajar siswa diatas rata - rata lebih banyak yaitu sebanyak 51 siswa dari 92 siswa dengan nilai rata - rata sebesar 44,652. 3) Pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 adalah signifikan. Hal ini terbukti pada hasil perhitungan uji linieritas hubungan lanyanan bimbingan balajar terhadap kemandirian belajar Untuk uji indepandent diperoleh F = 21,170. Jika ? = 5%, dk pembilang = 1 dan dk penyebut diperoleh N- 2 = 90, diperoleh tabel Ftabel = 3,94. Karena Fhitung > Ftabel, maka koefisien arah Y = 39,597 X + 0,097 berarti dan Untuk uji linieran diperoleh F =0,434. Jika ? = 5%, dk pembilang k - 2 = 28 dan penyebut diperoleh dari N - k = 62, diperoleh tabel Ftabel = 1,58. Karena Fhitung < Ftabel, sehingga model regresi linier dapat diterima. maka koefisienkorelasi bersifat nyata atau berarti dengan kata lain hipotesis adanya hubungan bimbingan belajar dan kemandirian belajar diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada sampel, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar siswa menunjukkan ada pengaruh terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran- saran yang dapat direkomendasikan adalah kepada guru pembimbing untuk meningkatkan layanan pembelajaran, terutama materi dan pelaksanaan layanan, sehingga siswa yang mengalami hambatan dalam belajar akan segera dapat teratasi, untuk mencapai sasaran/tujuan layanan bimbingan belajar khususnya siswa yang mengalami kesulitan belajar hendaknya ada sinerji antar guru, sehingga mudah untuk identifikasi masalah belajar siswa. Tujuan layanan bimbingan belajar hendaknya lebih jelas dan operasional, sehingga siswa mudah dalam penyesuaian. Kepada guru khususnya guru pembimbing : pembimbing memberikan keleluasaan pada siswa untuk lebih dulu memecahkan masalah sendiri sehingga tingkat kemandirian belajar siswa lebih mudah tercapai, membuat daftar pantauan guna mengetahui siswa asuhnya yang kesulitan belajar secara mandiri utuk selanjutnya diberi konseling, membuat kelompok belajar untuk membantu siswa dalam belajar mandiri di luar sekolah. Kepada orang tua: hendaknya memantau perkembangan anak di rumah, misalnya memberi perhatian pada kesulitan belajar yang dialami di rumah, orang tua hendaknya menyediakan tempat belajar sendiri bagi anaknya di rumah untuk membantu kemandirian siswa dalam belajar, membantu belajar anak di rumah apabila mengalami kesulitan belajar, misalnya dengan memberi dorongan motivasi. Kepada siswa hendaknya proaktif untuk memperoleh layanan belajar, sehingga kesulitan belajar teratasi.
Inggris :
Nur, Marini. (2010), NPM: 1106500263. "The Effect of Tutoring Services to Self-Reliance Learning eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District Academic Year 2009/2010"
Keywords: learning Tutoring Services, Self-Reliance Student Learning.
Background problems in this research are still many students who are less independent in their study, due to lack of understanding of techniques to learn the proper guidance. Some teachers provide guidance about the difficulty to form independent student learning. The teacher has not been widely conducted tutoring services for students. This is because the guidance is directed at students' learning attitudes and habits of mastery learning, the material that fits with its ability so that the desired learning goals more easily achieved. On the basis of this background that formulated the problem 1) how the implementation of guidance services at the eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year. how do self study class VIII in SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year, whether there is influence between tutoring services to students of class VIII self study in SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang District 2009/2010 school year. So the goal is achieved in this research are: 1) To know the implementation of tutoring services at the eighth grade students of SMP Negeri 6 Petarukan Pemalang district academic year 2009/2010. To know the self study student in class VIII 6 Petarukan Pemalang District school year 2009/2010. 3) To examine how the effect of tutoring services on the independence of learning on the students of class VIII 6 Petarukan Pemalang district academic year 2009 / 2010.Melalui tutoring students for self directed learning.
The population in this study were all second semester of eighth grade students of SMP Negeri 6 Petaruka much as 182 students with a sample of 92 students with a random sampling technique claster. Methods of data collection are questionnaire and documentation.
The data analysis technique is a predictor of regression analysis. After the data is processed by way of statistics and consulted with the table F, obtained Freg = 0.434. With Freg
The suggestions that can be recommended to the supervising teacher to enhance learning services, especially content and implementation services, so that students who experience barriers to learning will soon be overcome, to achieve the goals / objectives tutoring services especially students who have learning difficulties should have synergy among teachers, making it easy to identify students' learning problems. Destination tutoring services should be more clear and operational, so that students in the adjustment easier. To teachers, especially teacher mentors: mentors allows students to first solve their own problems so that the level of student independence more easily achieved, make your watch list to find out that his foster student learning difficulties independently for be counseled further, creating study groups to assist students in independent study outside of school. To parents: should monitor the development of the child at home, for example, paying attention to the learning difficulties experienced in the home, parents should provide their own place of learning for the child at home to assist independent students in learning, helping children's learning at home when experiencing learning difficulties, for example by encouraging motivation. To the students should be proactive to obtain the service of learning, so learning difficulties resolved.
BK081046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain