Skripsi
Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Konseling Kelompok (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Irsyad Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010)
Indonesia :
KUNADI, 2010. NPM : 1108501111. Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Konseling Kelompok (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Irsyad Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010).
Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok
SMP Al Irsyad Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa di SMP Al Irsyad Pemalang sering terlambat masuk sekolah, siswa sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan, siswa meninggalkan jam pelajaran tertentu tanpa ijin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil yang diperoleh yaitu sikap disiplin siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2009/2010.
Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) SMP Al-Irsyad Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 189 siswa. Dari populasi tersebut diambil 20 orang yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini.
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil bahwa setelah dilaksanakan perlakuan berupa layanan konseling pada sejumlah siswa yang sudah dipilih sebagai sampel, menunjukkan perubahan sikap atau perilaku siswa. Perubahan yang terjadi, terlihat dari perhitungan analisis persentase secara keseluruhan siswa yaitu sebesar 30,65. Prosentase sebesar 30,65% jika dirujuk dengan tabel parameter perubahan perubahan perilaku disiplin kehadiran siswa maka termasuk kategori atau kriteria cukup disiplin. Dari hasil penelitian juga dapat dijelaskan bahwa T1, T2, dan T3 adalah perlakuan sebelum diadakan layanan konseling, sedangkan T4, T5, dan T6 adalah perlakuan setelah mendapat layanan konseling. Pada T1 diperoleh 100% siswa dikategorikan sangat tidak disiplin. Pada T2 diperoleh 25% siswa dikategorikan tidak disiplin dan 75% siswa dikategorikan sangat tidak disiplin. Pada T3 diperoleh 80% siswa dikategorikan tidak disiplin dan 20% siswa dikategorikan sangat tidak disiplin. Pada T4 diperoleh 50% siswa dikategorikan disiplin dan 50% siswa dikategorikan tidak disiplin. Pada T5 diperoleh 10% dakategorikan cukup disiplin dan 90% dikategorikan disiplin. Pada T6 diperoleh 80% siswa dikategorikan cukup disiplin dan 20% dikategorikan disiplin.
Dari data-data di atas terlihat jelas bahwa setelah mendapat perlakuan (T4, T5, T6) berupa layanan konseling pada siswa, diperoleh hasil tingkat prosentase perubahan perilaku disiplin yang semakin baik. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan perlakuan sebanyak tiga kali, hasil yang diperoleh sangat bagus, terutama pada perlakuan yang terakhir (T6) mayoritas siswa berperilaku cukup disiplin (80%) dan sisanya adalah disiplin (20%).
Inggris :
KUNADI, 2010. NPM: 1108501111. Efforts to Improve Student Discipline Through Counselling Group (Classroom Action Research In
SMP Al Irsyad Pemalang Academic Year 2009/2010).
Improving Student Discipline Through Group Counseling Services
In SMP Al Irsyad Pemalang, Academic Year 2009/2010
This thesis is motivated by the fact that students in junior Al Ershad Pemalang often late to school, students are often absent from school without explanation, some students leave class without permission. The purpose of this study was to determine the results of student discipline after group counseling services provided at the junior high school students of class VII Al-Ershad Academic Year 2009/2010.
In this study, the population is all students of class VIII (eight), SMP Al-Irsyad Pemalang Academic Year 2009/2010 which amounted to 189 students. Of the population was taken as 20 people who were used as samples of this research.
Based on the analysis of research data shows that after treatment in the form of counseling services performed on a number of students who had been chosen as samples, indicating a change in attitude or behavior of students. The changes, seen from the calculation of the overall analysis of the percentage of students that is equal to 30.65. Percentage amounted to 30.65% if referred to the table parameter changes in the presence of student discipline behavior changes the categories or criteria including adequate discipline. From the research results can also be explained that the T1, T2, and T3 were treated prior to counseling services were held, while T4, T5, and T6 is the treatment after receiving counseling services. On T1 acquired 100% of students categorized as highly undisciplined. On T2 obtained 25% of students categorized as undisciplined and 75% of students categorized as highly undisciplined. At T3 obtained 80% of students categorized as undisciplined and 20% of students categorized as highly undisciplined. At T4 acquired 50% of students classified discipline and 50% of students categorized as undisciplined. Obtained at T5 10% dakategorikan enough discipline and 90% categorized discipline. At T6 obtained 80% of students were categorized into disciplines and 20% categorized discipline.
From the above data it was obvious that after receiving treatment (T4, T5, T6) in the form of counseling services to students, the percentage changes result in better disciplinary behavior. It also shows that after the treatment carried out three times, the results are good, especially on the last treatment (T6), the majority of students behave quite disciplined (80%) and the rest is discipline (20%).
BK081051 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain