Skripsi
STUDI TERHADAP PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM USAHA MENGHADAPI UNIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII MAN PAGERBARANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010.
Indonesia :
Selo Aji, Catur Waseso, 1105500780, "Studi Terhadap Peran Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Dalam Usaha Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII MAN Pagerbarang Tahun Pelajaran 2009/2010, Skripsi FKIP, UPS Tegal, Pembimbing I: Drs. Sukoco KW , Pembimbing II: Suriswo, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar.
Salah satu bentuk layanan dalam Bimbingan dan Konseling di sekolah adalah layanan bimnbingan kelompok, yang merupakan kegiatan Bimbingan dan Konseling yang harus dilaksanakan di sekolah-sekolah dalam rangka membantu siswa memperoleh sejumlah informasi tertentu yang diperlukannya. Persepsi yang salah terhadap kinerja Bimbingan dan Konseling akan merusak citra Bimbingan dan Konseling serta menghambat peran dan tugas pokok guru Bimbingan dan Konseling di sekolah. Atas dasar pemikirran tersebut maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah Peran Layanan Bimbingan Kelompok terhadap upaya meningkatkan kemandirian belajar dalam menghadapi ujian nasional pada siswa XII MAN Pagerbarang Kab. Tegal tahun 2009 / 2010? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Peran layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XII MAN Pagerbarang, 2)Kemandirian belajar siswa kelas XII MAN Pagerbarang
Hipotesis poenelitian ini adalah: "Layanan bimbingan kelompok berperan terhadap kemandirian belajar dalam usaha menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII MAN Pagerbarang Tahun pelajaran 2009/2010"
Dalam penelitian jumlah populasinya adalah siswa kelas XII MAN Pagrebarang Kecamatan Pagerbarang sebanyak 360 siswa, Dengan demikian jumlah sampelnya sebanyyak 30 siswa kelas XII MAN Pagerbarang Tahun Pelajartan 2009/2010, dalam hal ini pengambilan sampel berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki sesuai dengan tujuan penelitian dengan tepat. Dalam hal ini pengambilan subyek berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki sesuai dengan tujuan penelitian dan setiap kelasnya diambil secara acak.
Dari hasil perhitungan tersebut, kemudian dikonsultasikan dengan tabel nilai r Product Moment pada taraf signifikansi 5% dan taraf signifikansi 1%. Dalam tabel korelasi tercantum nilai r dengan N = 45 tidak ditemukan maka mengambil terdekat yaitu N=45 adalah 0, 294 pada taraf signifikansi 5% dan 0,380 pada taraf signifikansi 1% (Arikunto,2001:328). Kontribusi layanan bimbingan belajar kelompok terhadap kemandirian belajar siswa yaitu 0,7345582 sebesar 54%.
Efektifitas layanan bimbingan belajar kelompok siswa kelas XII MAN Pagerabarang dikategorikan cukup tinggi, yaitu dengan nilai korelasi sebesar 0,734558. Harga rhitung lebih tinggi dari rtabel baik pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,380 maupun 5% sebesar 0,294. Dengan tingginya harga rhitung dari r tabel maka hipotesis altnatif diterima
Inggris :
SELO AJI, CATUR WASESO. 1105500780. The Study on the Role Service Guidance of Group toward Independence of Learning in Effort National Examination to the Third Grade Students of Man Pagerbarang in Academic Year 2009/2010. Thesis of FKIP UPS Tegal, first advisor Drs. Sukoco KW, second advisor Suriswo, S. Pd, M. Pd
Keywords: Guidance of Group, Independence of Learning.
One of the form services in the Guidance and Counseling in schools is services guidance group, which is a Guidance and Counseling activities that must be implemented in schools in order to help students get some specific information that needed. The wrong perception on the performance of Guidance and Counseling will damage the image of Guidance and Counseling and also inhibit the role and duties of principal teachers' guidance and counseling in the school. Based on the logical frame work, the problem which is discussed in this research is "How the Role Services Guidance of Group on The Efforts to Improve Independence of Learning in The Face of a National Examination to The Third Grade Students of MAN Pagerbarang Kabupaten Tegal in Academic Year 2009/2010?09 / 2010?. The purpose of this research to: 1) the role of services guidance of group to the third grade students of MAN Pagerbarang. 2) Independence of learning to the third grade students of MAN Pagerbarang.
Hypothesis of the research was: "Guidance Services Group Have a Role to Independence of learning in an Effort Face the National Examination to The Third Grade Students of Man Pagerbarang in Academic Year 2009/2010"
The research of the population is the third grade students of MAN Pagrebarang. The number of the students are 248 students, thus the writer took the sample of the research of 30 students in third grade of MAN Pagerbarang in academic year 2008/2009, in this case based on the sampling characteristics in accordance with the purpose of research with appropriate. In this case of taking based on the characteristics of the subjects in accordance with the purposes of research and every class are taken at random sampling.
From the results of these calculations, then the writer consulted with the table value of r Product Moment at significance level of 5% and 1% significance level. In the correlation table are listed values of r with N = 45 not found, take the nearest namely N = 45 is 0, 294, at the level of significance 5% and 0,380 at 1% significance level (Arikunto, 2001:328). The contribution of services guidance group toward independence of learning is 0, 7345582 at 54%.
The price r-ration is higher than r-table at a significance level 1% as big as 0, 380% although 5% as big as 0, 294. With the high price of r-ration from r-table, so the hypothesis alternative is accepted.
BK081054 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain