Skripsi
Perbedaan Pola Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Kerja Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMK Negeri I Tegal (Studi Deskriptif Analitik pada Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2008/2009)
Yuni Wiyanti, 2010. NPM : 1107500771. Perbedaan Pola Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Kerja Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMK Negeri I Tegal (Studi Deskriptif Analitik pada Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2008/2009)
Kata Kunci : Perbedaan Pola Penyesuaian Diri. Bimbingan Kelompok.
Dalam upaya memberikan pola penyesuaian diri di harapkan siswa dapat menyesuaikan diri d lingkungan kerja, Untuk meningkatkan pola penyesuaian diri siswa adalah dengan pemberian bimbingan kelompok bagi siswa.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaiamana perbedaan pola penyesuaian diri siswa SMK Negeri I Kota Tegal Tahun 2008/2009 untuk ke lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan studi terhadap pola penyesuaian diri siswa kelas X perhotelan SMK Negeri I Kota Tegal Tahun 2008/2009 . Dengan mengambil populasi siswa kelas X Program keahlian Akomodasi Perhotelan sebanyak 36 orang siswa . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan tehnik analisis data t-test.
Berdasar hasil perhitungan data tersebut t-hitung diperoleh hasil 11,7654 dan t-tabel batas penolakan dengan taraf signifikansi 5% d.b. 36 diperoleh 2,04, data perhitungan diperoleh t-hitung = 11,7654 > t-tabel = 2,04, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil perhitungan data, dengan koefisien t-test pada rtaraf signifikansi 5% bahwa t-hitung lebih besar dengan t-tabel, Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi : " Bimbingan Kelompok efektif dalam upaya meningkatkan studi terhadap pola penyesuaian diri pada lingkungan kerja siswa SMK Negeri 1 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009" diterima pada taraf signifikansi 5%. sedangkan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi : " Bimbingan Kelompok tidak efektif dalam upaya meningkatkan studi terhadap pola penyesuaian diri siswa SMK Negeri 1 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009" ditolak.Meningkatkan pola penyesuaian diri dari sebelum treatment dan setelah treatment adalah 11,7654. hal ini berarti bahwa pemberian bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan pola penyesuaian .
Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan pola penyesuaian diri siswa kelas X perhotelan SMK Negeri 1 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009 untuk terjun kelingkungan kerja
Saran yang dapat disampaikan kepada pihak sekolah agar berupaya membantu meningkatkan pola penyesuaian diri siswa dengan menciptakan penyesuaian terhadap lingkungan agar siswa tidak mengalami kesulitan pada waktu terjun ke lingkungan kerja.
BK081063 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain