Skripsi
Keefektivan Konseling Behavioral Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
TISAN NURCAHYANI, NPM.1107500789, Judul Skripsi : Keefektivan Konseling Behaviorial Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci ; Keefektivan Konseling Behavioral Guna Meningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Petarukan Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan konseling behavioral, Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Seni Budaya. Dan Untuk mengetahui keefektivan konseling behavioral guna meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII di SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010?.
Adapun permasalahannya adalah Bagaimana Keefektivan Konseling Behavioral Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, diajukan suatu hipotesis yaitu Konseling Behavioral efektif guna meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Untuk membuktikan hipotesis tersebut dilakukan penelitian pada siswa dengan jumlah populasi 336 anak dan sampel sebesar 40 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Korelasi Product Moment.
Pelaksanaan konseling behavioral di SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 sudah berlangsung meskipun baru diterapkan pada beberapa permasalahan siswa seperti pada upaya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Seni Budaya, Prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah pelaksanaan konseling behavioral, Terdapat keefektivan konseling behavioral guna meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas SMP Negeri 2 Petarukan pemalang tahun pelajaran 2009/2010 karena diperoleh korelasi sebesar 0,501 sedang harga r tabel untuk taraf signifikan 5 % sebesar 0,312 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel (0,501 > 0,312), juga terhadap taraf signifikan 1% serta taraf signifikan 1% sebesar 0,403 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel (0,501 > 0,413), Besarnya sumbangan atau kontribusi efektifitas konseling behavioral guna meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 adalah r xy 0,501 x 100 % = 25,1 % sedangkan sisanya sebesar 74,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Saran yang diberikan pada penelitian ini, hendaknya konselor sekolah melaksanakan tugas konseling secara optimal terutama dalam peneran model-model konseling, Bagi siswa hendaknya dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling disekolah untuk dapat membantu dalam pemecahan masalah dbidang akademik maupun non akademik.
BK081059 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain