Skripsi
Efektivitas Pengajaran Sastra Dalam Meningkatkan Daya Apresiatif Siswa (Sebuah Studi Deskripsi di SMP Negeri 2 Randudongkal) Tahun Ajaran 2009/2010
IZAH ALIFAH, 2010 Skripsi. Efektivitas Pengajaran Sastra dalam Meningkatkan Daya Apresiatif Siswa (Sebuah Studi Deskripsi di SMP Negeri 2 Randudongkal Tahun Ajaran 2009/2010. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP Universitas Pancasakti Tegal).
Kata Kunci : Efektivitas Pengajaran Sastra
Sastra itu indah, sastra memberikan pengetahuan kepada kita. Dengan membaca sastra kita akan memperoleh pengertian baik tentang manusia dan kemanusiaan, mengenai nilai-nilai, dan mendapatkan ide-ide baru, sehingga kehidupan manusia akan lebih indah, lebih kaya akan pengalaman dan pengatahuan. Hidup tanpa seni itu kasar, hambar dan sastra merupakan bagian dari seni. Tegasnya sastra dapat memberi pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia.
Bertolak dari opini di atas, kenyataan membuktikan bahwa banyak siswa kurang memanfaatkan sastra. Sastra bagi siswa hanya merupakan pengetahuan yang mengacu pada ranah kognitif sehingga daya hafalanlah yang ditekan pada pelajaran sastra.
Oleh karena itu merupakan tugas pendidik dan pengajaran sastra agar orang atau siswa mau mengerti dan memanfaatkan sastra.
Denganm pengajaran yang efektif, siswa diharapakan memiliki daya apresiatif yang tinggi.
Tujuan umum penilitian ini adalah untuk memberikan sumbangan pikiran meskipun dalam dalam bentuk sederhana kepada pendidik. Tujuan yang lebih khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengajaran sastra dalam meningkatkan daya apresiatif siswa SMPN 2 Randudongkal Tahun Ajaran 2009 - 2010.
Populasi penelitian diambil peneliti adalah siswa SMPN 2 Randudongkal tahun pelajaran 2009 - 2010. jumlah populasi yang ada yaitu 287 yang tersebar dalam lima kelas.
Dari populasi yang yang ada penulis Mengambil 49 siswa sebagai sempel penelitian dengan teknik random sampling secara ordinal dengan kelipatan empat dari seluruh populasi setelah empat kelas di urutkan.
Untuk membuktikan hipotesa, penulis mambuktikan data hasil belajar siswa dengan mengadakan pre tes dan pos tes. Kedua tes tersebut dibandingkan dan diolah dengan uji nonindependent dengan taraf signifikansi 30 %.
Dari rumus tersebut dapat ditemukan nilai hasil penelitian atau hitung t 12,8. Karena taraf signifikansi yang ditetapkan penulis 30%, maka nilai t dalam table, dapat ditemukan 1,05.
Dengan demikian hipotesis ( Hi ) diterima dan hipotesis nihil ( Ho ) ditolak. Hi diterima karena t hitung lebih besar daripada t dalam table, atau dengan kata lain Ho ditolak karena 12,8 lebih besar daripada 1,05.
Dari hal tersebut di atas penulis simpulkan bahwa pengajaran sastra cukup efektif dalam meningkatkan daya apresiatif di SMP Negeri 2 Randudongkal.
PBSID081014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain