Skripsi
Efektivitas Bimbingan belajar Kelompok Terhadap Peningkatan motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Tanahbaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
YULIARSIH,TITIN, 2010.NPM : 1107500785 .Efektifitas Bimbingan belajar Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tanahbaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Kata Kunci :Efektifitas, Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar
Bimbingan belajar kelompok yang dilakukan secara efektif mendorong siswa menjadi semakin termotivasi untuk belajar, kerena belajar merupakan perbuatan yang memerlukan motivasi manakala siswa mwlemah motivasinyamaka diperlukan upaya agar terpacu motivasi tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar kelompok dapat dilakukan secara efektif ditingkat sekolah dasar apakah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan belajar kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tanahbaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten pemalang sejumlah 29 siswa tanpa sampel, dengan demikian penelitian ini disebut penelitian populasi.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas ( X ) yaitu bimbingan belajar kelompok sedangkan variabel terikatnya ( Y ) yaitu peningkatan motivasi belajar.Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, dan wawancara konseling. Untuk teknik analisis datanya penulis menggunakan uji t tes, guna menguji hipotesisnya.
Hasil perhitungan diperoleh harga t hitung 1,730 hasil perhitungan kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel untuk taraf signifikasi 5% ada 2,262 hasil perbandingan menunjukan bahwa nilai t observasi sebesar 1,730 < dari nilai t tabel 2,262. Ini menunjukan bahwa hipotesis nihil diterima dan hipotesa kerja ditolak berarti dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara bimbingan belajar kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, mungkin disebabkan bahwa disekolah dasra siswa belum merasakan manfaatnya dari sebuah layanan bimbingan belajar kelompok.
Untuk meningkatkan motivasi belajar dan guru hendaknya selalu berupaya untuk meningkatkan serta mengembangkan metode dan teknik mengajar yang kreatif, inofatif dan menjadi pemandu dalam pelaksanaan bimbingan belajar kelompok agar motivasi belajar meningkat. Siswa sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran supaya tidak mengalami kesal, jenuh dalam belajar sehingga akan mempengaruhi motivasinya dalam belajar
Inggris :
YULIARSIH, TITIN, 2010.NPM : 1107500785. The efectiviness studying counseling group toward increasing studying motivation of student in fifth year student of SD N Tanahbaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang 2009/2010 period. Thesis, Guide and counseling Program.
Key words : Efectiviness, Studying counseling and Studyng motivation.
The counseling of study group is one of service form of guide and counseling that has aim to get student through studying counseling of study group can be done effectively in elementary school can increasing studying motivation of student. The aim of this research is to know wheter counseling of study group can increase studying motivation of student. The research design used semi experiment. The population of this research is all student in the fifth year of SDN 02 Tanahbaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang which consist of 20 students without sample. Even through this research is called fee variable (X) i.e.: studying counseling group whilw control variable (Y) i.e.: increasing studying motivation of student. In data collecting the writer uset d-test to its hypothesis.
The result of computing is get t-value is 1.730 compare t-table is 5% there are 2.262. The comparing result has shown that t-observation is 1.730 higher than null hyphotesis is accepted and word hyphotesis is refused. In conclution there is no significance between counseling if study group toward increasing studying motivation of student. It may be caused by student in elementary school did not get advantage of guiding service of studying group.
To enhance studying motivation the theacer should try to create method and technique in learning creatively, innovatice and as a coun selor in studying group in order to increase student' motivation. The student should be active do in learning activities in order to did not get boring in stydying process. So they will have motivation in learning process.
BK081060 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain