Skripsi
Upaya Pembentukan Disiplin Anak Melalui Bimbingan dan Konseling Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
DADANG KURNIAWAN. 2010. Upaya Pembentukan Disiplin Anak Melalui Bimbingan dan Konseling Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009-2010. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Drs. Soebianto, M. Pd, Drs. Sugiyanto HN, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Upaya Pembentukan Disiplin Anak, Bimbingan dan Konseling.
Yang melatar belakangi penelitian skripsi ini adalah suatu pemahaman bahwa pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dapat membantu upaya pembentukan disiplin anak, dari wacana tersebut, maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut untuk membuktikan sejauhmana upaya pembentukan disiplin anak melalui bimbingan dan konseling. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling pada siswa kelas VII SMPN 1 Wanasari Brebes serta ingin mengetahui ada tidaknya korelasi antara pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengupayakan disiplin anak pada siswa kelas VII SMPN 1 Wanasari Kabupaten Brebes.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Wanasari Brebes tahun pelajaran 2009-2010 yang berjumlah 322 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa yang diambil dari 15% dari jumlah populasi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik yang bersifat kwantitatif dan hasil dari analisis menunjukan bahwa perhitungan statistik pada taraf signifikansi 5% dengan skor empirik 0,538 ternyata lebih besar dari nilai tabel, dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam upaya pembentukan disiplin anak pada siswa kelas VII SMPN 1 Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009-2010 dinyatakan diterima.
Simpulan bahwa bimbingan dan konseling berpengaruh positif dan signifikan dalam upaya pembentukan disiplin anak pada siswa kelas VII SMPN 1 Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009-2010. Tingkat pelaksanaan Bimbingan dan Konseling adalah "Tinggi" (39,58%), tingkat upaya pembentukan disiplin anak adalah "Sangat Tinggi" (37,5%) dan besarnya kontribusi dalam penelitian ini adalah 28,94%. Saran diharapkan kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan juga siswa dalam rangka menumbuhkan disiplin hendaknya dimaknai dan dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian disekolah.
Inggris :
DADANG KURNIAWAN. 2010. Efforts to Discipline Children Through the Establishment of Guidance and Counseling Students of Class VII SMPN 1 Wanasari Brebes Academic Year 2009-201. Thesis Guidance and Counseling. Drs. Soebianto, M. Pd. Drs. Sugiyanto HN, M. Pd. Faculty of Education and Pedagogy. University Pancasakti Tegal.
Key words: Child Discipline Formation Efforts, Guidance and Counseling.
Background of the research this thesis is a understanding that implementation to efforts establish discipline children through guidance and counseling, the writer conducted a study on these objects to prove the extent to which efforts to establish discipline children through guidance and counseling. While the goals to be achieved from the implementation of this research is to know the implementation of guidance and counseling to the students of class VII SMP 1 Wanasari Brebes and want to know whether there is any correlation between the implementation of guidance and counseling in effort discipline of children through counseling on the students of class VII SMP 1 Wanasari Brebes.
The methods of collecting data used questionnaire, documentation, and interviews methods. The population in this study were students of class VII SMP N 1 Wanasari Brebes academic year 2009-2010 totally 322 students. While the sample in this study were 48 students taken from 15% of the total population.
The analysis in this research is used quantitative and statistical nature of the analysis results show that the calculation of statistical significance at the 5% level empirical score of 0.538 was greater than table value, hence the working hypothesis proposed that there was a positive and significant correlation implementation of guidance and counseling in efforts to establish a discipline of children class VII of SMPN 1 Wanasari Brebes academic year 2009-2010 otherwise acceptable.
Concluding that the guidance and counseling has positive and significant in the efforts to establish discipline children in a class VII SMPN 1 Wanasari Brebes Academic Year 2009-2010. Implementation step is "High" (39,58%), Discipline formation efforts is "Very High" (37,5%) and contribution magnitude in this research is 28,94%. Suggestions expected school principals, teachers, parents and students in order to grow the discipline should be interpreted and applied in daily life at the school.
BK081065 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain