Skripsi
Pengaruh Peer Counseling dalam Pelaksanaan Konseling Kelompok terhadap Pembentukan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas X SMK Pusponegoro Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
KHOERIYAH, UMAMATUL. 2010. Pengaruh peer counseling dalam pelaksanaan konseling kelompok terhadap pembentukan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Hj. Sitti Hartinah DS. MM. Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Peer counseling dalam pelaksanaan konseling kelompok, pembentukan komunikasi Interpersonal.
Di kalangan para remaja terutama pada siswa SMK terjadi penurunan komunikasi Interpersonal di antara siswa. Hal ini disebabkan karena belum maksimalnya peran guru pembimbing dalam pelaksanaan konseling. Untuk membantu pembentukan komunikasi interpersonal di antara siswa maka perlu diberikan sebuah model konseling teman sebaya (peer counseling).
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara peer counseling dalam pelaksanaan konseling kelompok terhadap pembentukan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, pada penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut : Terdapat pengaruh yang signifikan antara peer counseling dalam pelaksanaan konseling kelompok terhadap pembentukan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Pusponegoro Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Dari 160 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 40 siswa yang merupakan 25% dari populasi.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan product moment dan analisis deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh nilai rxy (rhitung) 0,925, dengan rtabel pada taraf signifikasi 5% N 40 sebesar 0,312. besarnya rhitung dari pada rtabel (0,925 > 0,312). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dan hasil analisis deskriptif dari variabel X tergolong kriteria sangat tinggi sejumlah 14 siswa dengan prosentase 35%, dan variabel Y adalah tergolong tinggi sejumlah 15 siswa dengan prosentase 37,5%.
Dengan demikian kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peer counseling dalam pelaksanaan konseling kelompok terhadap pembentukan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Inggris :
KHOERIYAH, UMAMATUL. 2010. Effect of peer counseling in the implementation of group counseling on the formation of interpersonal communication in class X SMK Pusponegoro Brebes Academic Year 2009/2010. Thesis. Guidance and Counseling. Dr. Hj. Sitti Hartimah DS. MM. Suriswo, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Peer counseling in the implementation of group counseling, the formation of interpersonal communication.
Among adolescents, especially in vocational students decreased interpersonal communication between students. This is due to the maximum has not been a tutor role in the implementation of counseling. To assist in the formation of interpersonal communication between students then need to be given a model of counseling peers (peer counseling).
Goals to be achieved from this study are to investigate the influence of significant counseling in the implementation of group counseling on the formation of interpersonal communication in class X SMK Pusponegoro Brebes Academic Year 2009 / 2010.
Based on the theoretical basis and framework of thinking, in this study can be formulated hypotheses as follows: There were significant influence between peer counseling in the implementation of group counseling on the formation of interpersonal communication in class X SMK Pusponegoro Brebes Academic Year 2009/2010. population of this study are all students of class X SMK Pusponegoro Brebes Academic Year 2009/2010 which amounted to 160 students. Of the 160 students were taken by random sampling the sample of 40 students representing 25% of the population.
Data collection methods used were questionnaires, interviews and documentation, while the data analysis technique used was the statistical analysis using product moment deskriptif.Dari analysis and data analysis results obtained value of rxy (rhitung) 0.925, with rtabel at the level of significance 5% N 40 amounted to 0.312. rhitung magnitude of the rtabel (0.925> 0.312). This indicates that the research hypothesis is accepted. And the results of descriptive analysis of the variable X belonging to a very high criteria of 14 students with the percentage of 35%, and the variable Y is considered a high number of 15 students with a percentage of 37.5%.
Thus the conclusion that there is significant influence between peer counseling in the implementation of group counseling on the formation of interpersonal communication in class X SMK Pusponegoro Brebes 2009/2010 Academic Year.
BK081066 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain