Skripsi
Aplikasi Pendekatan Ekspresif dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD Al Irsyad Tegal
Lutfiah, NPM. 1507500903.2010. Aplikasi Pendekatan Ekspresif dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD Al Irsyad Tegal. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Panca Sakti Tegal.
Kata Kunci : aplikasi, menulis deskripsi, pendekatan ekspresif
Menulis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Namun kenyataan di lapangan masih banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalammenulis sebuah karangan baik narasi, deskripsi maupun jenis karangan lainnya. Hal ini perlu mendapat perhatian dan dicari upaya untuk dapat meningkatkan ketrampilan menulis dikalangan siswa.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini bagaimanakah upaya meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi siswa SD kelas V SD Al Irsyad Tegal. Dan bagaimanakah peningkatan ketrampilan menulis deskripsi siswa melalui pembelajaran ekspresif.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SD Al Irsyad Tegal, menemukan kesalahan-kesalahan dalam karangan deskripsi siswa dan meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi siswa melalui pembelajaran ekspresif.
Penelitian dengan menggunakan eksperimen kepada siswa kelas V SD Al Irsyad Tegal dengan jumlah siswa sebanyak 43 siswa. Penentuan sampel penelitian ini ditentukan secara purposif yaitu mengambil satu kelas siswa yang dijadikan treatmen penelitian. Metode pengumpul data melalui tes hasil belajar berupa hasil karangan siswa sebelum dan sesudah treatmen. Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan jasa komputer SPSS Versi.10
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagaimana diketaui dari hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa rxy = 0,588 yang berarti signifikan, dapat diketahui bahwa rxy atau r0 atau r hitung 0,588 lebih tinggi dari r table. Pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,301
Ada beberapa hal yang perlu disarankan berkaitan dengan temuan penelitian ini. Pertama untuk menyajikan materi pelajaran bahasa Indonesia khususnya pelajaran ketrampilan menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, guru dapat menerapkan pembelajaran ekspresif. Kedua, penelitian ini belum membahas secara keseluruhan kesalahan yang ditemukan dalam karangan siswa. Oleh karena itu penelitian ini perlu dilanjutkan dengan meninjau dari sisi yang lain, seperti penulisan kata ulang, keefektifan kalimat, penulisan kata disingkat (Misalnya yang menjadi, yg, dengan menjadi, dg) dan sebagainya.
PBSID081019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain