Skripsi
Hubungan Layanan Bimbingan Sosial dengan Komunikasi Interpersonal Siswa pada Siswa Kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
WIBOWO, BANGKIT ARIF. NPM. 1106500239. Hubungan Layanan Bimbingan Sosial dengan Komunikasi Interpersonal Siswa pada Siswa Kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Pembimbing I Dra. Sri Sumarsih, M.Pd., Pembimbing II Drs. Sukoco KW.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Sosial dan Komunikasi Interpersonal.
Penelitian ini dilatarbelakangi seorang siswa akan berhasil dalam belajar, kalau pada dirinya sendiri ada keinginan untuk belajar. Inilah prinsip dan hukum pertama dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran. Keinginan atau dorongan untuk belajar inilah yang disebut dengan motivasi. Proses komunikasi yang terjadi dalam proses belajar mengajar dan tujuan penting dari hubungan antar pribadi guru-siswa adalah untuk mendapatkan umpan balik dari para siswa dengan yang diharapkan, para guru harus melakukan dorongan atau motivasi terhadap siswa untuk belajar.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan sosial pada siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010?; 2) bagaimanakah komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010?; 3) apakah ada hubungan yang signifikan antara bimbingan sosial dengan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010?. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan sosial pada siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010; 2) untuk mengetahui komunikasi interpersonal siswa pada siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010; 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara bimbingan sosial dengan komunikasi interpersonal siswa pada siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhannya berjumlah 338 anak yang terdiri atas 8 kelas. Data mengenai variabel layanan bimbingan sosial dan komunikasi interpersonal dilakukan dengan metode angket, sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk teknik analisa data menggunakan rumus Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan bimbingan sosial dengan komunikasi interpersonal pada siswa Kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil perhitungan analisis statistik diperoleh nilai rxy sebesar 0,671. Harga rxy tersebut dikonsultasikan dengan harga rtabel N = 38 taraf signifikan 1% sebesar 0,306. Hasilnya adalah rxy > rtabel pada taraf signifikan 1% atau 0,671 > 0,306. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan terbukti atau dapat diterima dan signifikan.
Saran dalam penelitian ini perlunya diadakan komunikasi antara sekolah dengan orang tua baik melalui pertemuan bekala maupun korespondensi yang berkaitan dengan : komunikasi interpersonal;
Inggris :
WIBOWO, BANGKIT ARIF. NPM. 1106500239. Correlation Social Tuition Service with the Interpersonal Communications of The Tenth Year Students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in The Academic Year 2009/2010. Advisor I Dra. Sri Sumarsih, M.Pd., Advisor II Drs. Sukoco KW.
Password : Social Tuition Service and The Interpersonal Communications
This research is background of a student will succeed in learning, if their self there is desire to learn. This is first law and principle in teaching and education activity. desire or motivation to learn this referred with the motivation. Process the communications that happened in course of learning to teach and important target from interpersonal learn with the student is to get the feed back from all student with expected, all teacher have to conduct the motivation or learning motivate students.
Problems which is discussed in this research are: 1) what will be social tuition service execution of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in the academic year 2009/2010?; 2) what will be the interpersonal communications of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in The Academic Year 2009/2010?; 3) what there is correlation which significant between social tuition with the interpersonal communications of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in the academic year 2009/2010?. Therefore target which wish reached in this research are: 1) to know the social tuition service execution of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in the academic year 2009/2010; 2) to know the interpersonal communications of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in the academic year 2009/2010.
Population in this research are students of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in the academic year 2009/20 which in its entirety amount to 338 child consisted by 8 class. Data of concerning social tuition service variable and interpersonal communications done with the enquette method, while documentation method as complement method. For the technique of analyse the data use the formula of Product Moment.
By virtue to result of inferential solution and research hence that there is correlation which are positive and significant between social tuition service with the interpersonal communications of the tenth year students SMK Satya Praja 2 Petarukan of Pemalang Regency in the academic year 2009/2010. This matter can be proved from obtained by statistical analysis calculation result of value rxy of equal to 0,671. the price Rxy consulted at the price of rtabel N = 38 level significant 1% equal to 0,306. Its result is rxy > rtabel at level significant 1% or 0,671 > 0,306. Matter of this means that hypothesis raised proven or acceptable and significant.
Suggestion in this research the importance of performed a communications between school with the good parent through periodic meeting and also correspondence of related to interpersonal communications.
BK081069 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain