Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa IXC Semester I SMP Negeri 1 Moga Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010)
SUTANTO, 1108501060, 2009. UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa IXC Semester I SMP Negeri 1 Moga Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Bimbingan Kelompok. Drs. Sukoco KW. Suriswo, S.Pd.M.Pd. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : bimbingan kelompok, kedisiplinan,
Keberhasilan pendidikan terlihat dari peningkatan prestasi belajar dan kedisiplinan siswa. Maka bagaimana tingkat disiplin siswadapat ditingkatkan, dan bagaimana pula upaya layanan yang diberikan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa?, serta bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa?
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan siswa dan mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang efektif, serta pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas IXC SMPN 01 Moga.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: bimbingan kelompok dapat membantu siswa yang mengalami masalah dalam kedisiplinan dan hasil belajar.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXC semester I SMPN Moga Kecamatan Moga Pemalang, Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah populasi 33 siswa. Dari 33 siswa tersebut diambil sampel 4 siswa yang dimasukkan dalam 4 kelompok.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan home visit yang dilakukan pada sampel peneliti. Terlihat pada siklus I diperoleh rata-rata penurunan tingkat pelanggaran akademik 57,5%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata penurunan tingkat pelanggaran peraturan sekolah sebanyak 63,03%, serta pada siklus III diperoleh rata-rata pelanggaran hubungan social sebanyak 63,03%.
Prosentase keberhasilan ini dihitung dengan rumus Change in frequence from base rate to post rate yang dikemukakan oleh Dwrigt L.dan Thomas J. Coates, dikatakan berhasil sebab melebihi standar minimal 50%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa SMPN 01 Moga dapat meningkat melalui layanan bimbingan kelompok. Untuk itu penulis menyarankan kepada konselor untuk menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa
BK081098 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain