Skripsi
Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Arah Pilih Karir pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
MURTININGSIH. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Arah Pilih Karir pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Drs. Sukoco KW. Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Arah Pilih Karir.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa salah satu kunci untuk membuka potensi karir adalah sikap dan motivasi dalam bekerja di mana motivasi diri merupakan salah satu unsur dari kecerdasan emosi. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010, gambaran arah pilih karir pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosi terhadap arah pilih karir pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. Hipotesis kerja yang dirumuskan "Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap arah pilih karir pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010"
Populasi penelitian ini adalah siswa X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 443 anak yang terdiri dari 12 kelas sedangkan sampelnya berjumlah 60 yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menguji ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap arah pilih karir pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) gambaran kecerdasan emosi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 diperoleh nilai persen sebesar 75,98 % yang menunjukkan kecerdasan emosional termasuk baik, (2) gambaran arah pilih karir pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 diperoleh nilai persen sebesar 77,30 % yang menunjukkan arah pilih karir juga termasuk baik, (3) besar pengaruh kecerdasan emosi terhadap arah pilih karir pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 sebesar 8,97% menurut persamaan regresi = 80,9 + 0,24X. Saran yang disampaikan berkaitan hasil penelitian, agar guru memperhatikan kecerdasan emosional siswanya, selain kecerdasan intelegensi dalam mengarahkan karir siswanya dikarenakan kecerdasan emosional juga berpengaruh terhadap pilihan karir yang akan mereka jalani nantinya
Inggris :
MURTININGSIH. 2010. Influence of Emotional Intelligence On The Select Career Direction of The Tenth Grade Students of SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang District in The Academic Year 2009/2010. Thesis. Department of Guidance and Counselling. Drs. Sukoco KW. Suriswo, M.Pd. FKIP. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Emotional Intelligence, Select Career Direction.
The background of this research is that one of the keys to unlocking the potential of a career is attitude and motivation to work where self-motivation is one element of emotional intelligence. The aim of the research is to know the the description of emotional intelligence of the tenth grade students of SMK Negeri 1 Ampelgading in the academic year 2009/2010, select a career direction on the image of the tenth grade students of SMK Negeri 1 Ampelgading in the academic year 2009/2010 and to know how big the influence of intelligence emotions to choose a career direction in class X SMK Negeri 1 Ampelgading in the academic year 2009/2010. The working hypothesis formulated "There is influence of emotional intelligence to select a career direction of the tenth grade of SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang District in the academic year 2009/2010"
The population of this study is the tenth grade of SMK Negeri 1 Ampelgading in the academic year 2009/2010 as many as 443 children consisting of 12 classes totaling 60 while the sample is drawn using random sampling techniques. Methods of data collection was conducted by questionnaire and documentation. Data analysis for this research was done by using simple linear regression analysis to test whether there is influence of emotional intelligence to select a career direction
Results were obtained with the conclusion that (1) description of emotional intelligence on tenth grade students of SMK Negeri 1 Ampelgading obtained value in the academic year 2009/2010 amounted to 75.98% percent who showed emotional intelligence on tenth grade student of SMK Ampelgading Pemalang in the academic year 2009/2010, including both , (2) description of the class students choose careers in SMK Negeri 1 Ampelgading obtained value in the academic year 2009/2010 amounted to 77.30% which indicates the direction of the tenth grade students choose vocational careers Ampelgading Pemalang District Academic Year 2009/2010 also includes a good, (3) the influence of emotional intelligence to select a career direction of the grade of SMK Negeri 1 Ampelgading in the academic year 2009/2010 amounted to 8.97% by the regression equation = 80,9 + 0,24X. Submitted suggestions regarding the research, so that the teachers consider their students 'emotional intelligence, in addition to a career in directing intelligences intelligent because their students' emotional intelligence also affect their choice of a career that would eventually lead.
BK081074 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain