Skripsi
Kajian Semantis Iklan pendidikan di Media Massa Cetak dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Assalafiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Fajrusidiq, Ahmad. 2010. "Kajian Semantis Iklan pendidikan di Media Massa Cetak dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Assalafiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I, Drs. Burhan E.P., M. Hum. Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : jenis makna, iklan pendidikan
Di dalam berkomunikasi manusia memerlukan sarana dan media untuk mengungkapkan ide, gagasan, isi pikiran, maksud, realitas dan sebagainya. Sarana yang paling utama dan vital untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah bahasa, sedangkan dalam hal ini medianya adalah dengan menggunakan media massa cetak. Akan tetapi muncul permasalahan mengenai jenis makna yang terdapat dalam iklan pendidikan di media massa cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis makna yang terdapat dalam iklan pendidikan khususnya di media massa cetak
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data penelitian iklan pendidikan di media massa cetak yang berjumlah 19 buah iklan. Penelitian ini menggunakan metode penyajian data melalui teknik pustaka dan teknik baca catat sebagai teknik lanjutan. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode agih. Metode penyajian hasil analisis penelitian ini menggunakan metode penyajian formal dengan terminologi yang bersifat teknik maupun secara informal dengan menggunakan tanda-tanda atau lambang-lambang.
Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan iklan pendidikan yang konteksnya berbeda namun isinya hampir sama. Jenis makna yang terdapat dalam iklan pendidikan : (1) makna leksikal ditemukan 9,5 % dan gramatikal ditemukan 24,8 % (2) makna referensial ditemukan 12,3 % dan nonreferensial ditemukan 9,7% (3) makna denotatif ditemukan 8,1% dan konotatif ditemukan 0,8% (4) makna kata ditemukan 17,4 % dan makna istilah ditemukan 7,7% (5) makna konseptual ditemukan 7,3% dan makna asosiatif ditemukan 1,1% dan (6) makna kias ditemukan 1,9%.
Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa dalam membuat iklan pendidikan di media massa cetak dibutuhkan pemahaman mengenai jenis makna agar iklan yang diperoleh memenuhi kaidah kebahasaan yaitu adanya keterkaitan atau kepaduan antara tuturan yang satu dengan tuturan yang lain sehingga jelas pemaknaannya.
PBSID081022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain