Skripsi
Studi Kasus terhadap Rendahnya Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Apriana, Susanti. 2010. Studi Kasus terhadap Rendahnya Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Bimbingan Belajar.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bimbingan dan konseling belum memberi pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sehingga diperlukan layanan bimbingan yang lebih spesifik yaitu bimbingan belajar. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 setelah layanan bimbingan dan konseling. 2) Untuk mengetahui upaya bimbingan dan konseling dalam menangani kasus rendahnya motivasi belajar terhadap beberapa siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. 3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar beberapa siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan subjek siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang memiliki kasus motivasi belajar rendah sejumlah 11 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yang utama adalah metode kasus, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kasus, maka perlu diperhatikan langkah-langkah analisis data sebagai berikut: identifikasi, diagnosis, prognosis, terapi atau pemberian bantuan, dan tindak lanjut atau follow up.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kondisi motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu setelah layanan bimbingan dan konseling, dari hasil observasi terdapat 7 orang siswa atau 63,64% yang memiliki motivasi belajar dalam kategori sedang, 3 orang siswa atau 27,27% dalam kategori tinggi, dan sisanya 1 orang siswa atau 9,09% memiliki motivasi belajar dalam kategori sangat tinggi. Total skor yang diperoleh dari hasil observasi adalah sebesar 148 dengan persentase sebesar 67,27% dalam kategori motivasi belajar sedang. 2) Upaya bimbingan dan konseling dalam menangani kasus rendahnya motivasi belajar terhadap beberapa siswa kelas VI SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Lebaksiu adalah layanan bimbingan belajar secara individual/pribadi dengan dipadukan layanan konseling individual/pribadi yang mengacu pada langkah-langkah identifikasi, diagnosis, prognosis, terapi atau pemberian bantuan, dan tindak lanjut atau follow up. 3) Bimbingan dan konseling memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 91 dalam satuan skor observasi atau meningkat 41,36%.
Inggris :
Apriana, Susanti. 2010. Case Study of Learning on Student Motivation Low Class VI Elementary School District Lebaksiu Kambangan 2001 Tegal Regency Academic Year 2009/2010. Thesis: Guidance and Counselling Faculty of Education and Pedagogy University Pancasakti Tegal.
Keywords: Motivation Learning, Tutoring.
The basic problem in this research is to give guidance and counseling has not significant effect on student motivation Elementary School sixth grade Kambangan Tegal District 01 District Lebaksiu Academic Year 2009/2010 so that needed services more specific guidance is the guidance of learning. In this context, this research aims: 1) To determine the condition of the sixth grade students' motivation Elementary School District Lebaksiu Kambangan 2001 Academic Year 2009/2010 Tegal regency after guidance and counseling services. 2) To identify the guidance and counseling efforts in handling cases of low motivation of some students of class VI Kambangan Elementary School District 01 District Lebaksiu Tegal Academic Year 2009/2010. 3) To determine the effect of guidance and counseling to students' motivation to learn some class VI Kambangan Elementary School District 01 District Lebaksiu Tegal Academic Year 2009/2010.
This study is a population, with the subject of elementary school students of class VI Kambangan Tegal District 01 District Lebaksiu Academic Year 2009/2010 which has a low learning motivation case number 11 people. The methods used to gather primary research data which is the case method, observation, and documentation. This research is a case, it is necessary to note the steps of data analysis as follows: identification, diagnosis, prognosis, therapy or assistance, and follow-up or follow-up.
The research concludes that: 1) The condition of the sixth grade students' motivation Elementary School District Lebaksiu Kambangan 2001 after coaching and counseling services, from observation there are seven students or 63.64% of people who have the motivation to learn in the medium category, three people or 27 students, 27% in the high category, and the remaining one person or 9.09% of students have the motivation to learn in a very high category. The total score obtained from the observation amounted to 148 with a percentage of 67.27% in category learning is motivation. 2) Guidance and counseling efforts in handling cases of low motivation of some students of class VI Kambangan 2001 Elementary School Districts Lebaksiu is tutoring services by an individual / personal counseling services to the combined individual/person who refers to the steps of identification, diagnosis, prognosis, therapy or the provision of assistance, and follow-up or follow-up. 3) Guidance and counseling have a positive influence on improving students' motivation for 1991 in units of observation or increased 41.36%.
BK081076 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain