Skripsi
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pengembangan Disiplin Diri Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
KURNIAWATI, ERNI 2010. NPM : 1106500248, Judul Skripsi Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pengembangan Disiplin Diri Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M. Pd, Pembimbing II : Drs. Sukoco, KW.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua dan Pengembangan Disiplin Diri.
Pola Asuh Orang Tua sangat berpengaruh dalam Pengembangan Disiplin Diri anak. Orang tua sebagai pendidik yang pertama dan utama, jadi perlakuan orang tua yang salah asuh terhadap anak dapat berdampak negatif pada pengembangan disiplin anak sehingga faktor pengembangan disiplin dalam diri anak tidak terbentuk dengan baik. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap pengembangan disiplin diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap pengembangan disiplin diri siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Slawi.
Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Slawi, yang berjumlah 391 siswa, sampel 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 40 siswa. Variabel penelitian adalah pola asuh orang tua (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan pengembangan disiplin diri (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,328 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh harga r tabel sebesar 0,312, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap pengembangan disiplin diri pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun Pelajaran 2009/2010. Pada variabel pola asuh orang tua dalam kategori rendah sebanyak 2 anak (5%), kategori cukup sebanyak 27 anak (67,5%) dan kategori tinggi sebanyak 11 anak (27,5%). Sehingga pengaruh pola asuh orang tua terhadap anak dalam kategori cukup. Sedangkan pada variabel pengembangan disiplin diri dalam kategori rendah sebanyak 1 anak (2,5%), kategori cukup sebanyak 32 anak (80%) dan kategori tinggi sebanyak 7 anak (17,5%). Jadi pengembangan disiplin diri siswa dalam kategori cukup. Dan besar kontribusi (sumbangan) dari pengaruh pola asuh orang tua terhadap pengembangan disiplin diri siswa sebesar 3,52% sedangkan sisanya ditentukan
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap pengembangan disiplin diri pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun Pelajaran 2009/2010. Saran bagi siswa adalah diharapkan mampu untuk merespon dengan baik teknik pola asuh yang diberikan orang tua, bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pola asuh yang baik sehingga dapat mengembangkan disiplin diri anak, bagi guru pembimbing agar mampu meningkatkan hubungan yang baik, antara guru dan dengan orang tua dan guru dengan siswa sehingga dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah
Inggris :
Kurniawati, Erni 2010. NPM: 1106500248, Thesis Title Parenting Parents Influence On The Development of Self-Discipline Class XI student of SMK Negeri 1 Slawi Academic Year 2009/2010. Advisors I: Dra. Sri Sumarsih, M. Pd, Advisor II: Drs. Sukoco, KW.
Keywords: Pattern Foster Parents and the Development of Self-Discipline.
Parenting Parents are very influential in Developing Self-Discipline of children. Parents as educators first and foremost, so that one treatment foster parent of a child can have a negative impact on the development of child discipline, so factor in the development of self-discipline of children is not well formed. The problem that arises is whether there are ways to teach parents influence the development of student self-discipline. The purpose of this study is to determine how much influence parents' upbringing on the development of self-discipline class XI students of Vocational High School Negeri 1 Slawi
The study population were students of class XI, Vocational High School I Slawi, which numbered 391 students, 10% of the total sample population was obtained as many as 40 students. Variables were child care parents (independent variables) as a variable causes, and develop self-discipline (dependent variable) as a result variable. Both of these variables using data collected through questionnaires, documentation, and interviews. Validation Test Items in this research using product moment correlation formula, whereas the reliability study using the technique of splitting two Split-Half. Data were analyzed using product moment correlation.
From the results of data analysis rxy r 0.328 when compared with the table at 5% significance level with N = 40 obtained rates of 0.312 r table, it can be concluded rxy> rtabel means that influence parenting parents to develop self-discipline on the students of class XI SMK Negeri 1 Lesson Slawi year 2009/2010. In the variable pattern of care of parents in low category were two children (5%), quite as many as 27 categories of children (67.5%) and high categories were 11 children (27.5%). Thus influence the pattern of parent to child custody in a high category. While the variables of self-discipline development in the low category of one child (2.5%), quite as many as 32 categories of children (80%) and high categories were seven children (17.5%). So the development of student self-discipline in the category enough. And the big contributions (donations) from the influence of parents' upbringing on the development of student self-discipline at 3.52% while the remaining set
Conclusion of this research is that there are ways to teach parents influence the development of self-discipline in class XI student of SMK Negeri 1 Lesson Slawi year 2009/2010. Advice for students is the student expected to be able to respond very well to the technique of child care are given the parents, for parents is expected to provide a good upbringing so that they can develop self-discipline in children, as well as for supervising teachers to be able to improve the relationship, harmonious between teachers and with parents and teachers with the students so that they can be used as reference in providing guidance and counseling services in schools.
BK081078 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain