Skripsi
Korelasi Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010
Indonesia :
RIZAL, KHAERUR. 2010. NPM 1106500260 Korelasi Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. Pempimbing I: Drs. Sukoco KW, pembimbing II: Suriswo, M.Pd
Kata Kunci : Konsep Diri, Prestasi Belajar
Masa remaja merupakan periode peralihan dari masa kanak-kanak. Apa yang dialami sebelumnya akan mempengaruhi masa yang akan datang. Seseorang yang sudah dewasa harus meninggalkan segala sesuatu yang bersifat kekanak-kanakan. Dengan peralihan masa tersebut, maka pada diri remaja mulai terjadi banyak perubahan, seperti perubahan fisik, perubahan emosi, sosial, minat, moral, dan kepribadian. Konsep diri bukan merupakan faktor yang dibawa sejak lahir, melainkan faktor yang dipelajari dan dibentuk melalui pengalaman individu dalam berhubungan dengan orang lain, konsep diri merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah seseorang akan berperilaku negatif atau tidak, sebab perilaku negatif merupakan perwujudan adanya gangguan dalam usaha pencapaian harga diri. Dalam pencarian identitas diri, diharapkan remaja dapat membentuk konsep dirinya yang positif karena akan berpengaruh terhadap pemikirannya, perilakunya serta pendidikan dalam pencapaian prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai: (1) Gambaran konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010, (2) Gambaran prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010, (3) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010, serta (4) Arah hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 256 siswa yang terbagi dalam enam kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel acak kelas (Cluster Random sampling) untuk menentukan banyaknya sampel, diperoleh sampel satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 46 siswa atau 15% dari populasi yaitu kelas XI IPS 3 SMAN 3 Pemalang
Instrumen penelitian yang dipergunakan ada tiga macam, yaitu kuesioner, wawancara dan data dokumentasi. Kuesioner konsep diri disusun berdasarkan dua indikator yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif. Data dokumentasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah nilai raport siswa pada semester pertama. Nilai raport dipergunakan sebagai data prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase, teknik korelasi dan teknik korelasi tata jenjang.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010 yang memiliki konsep diri yang tergolong tinggi (diatas rata-rata) berjumlah 27 orang dan yang tergolong rendah (dibawah rata-rata) berjumlah 19 orang. (2) Gambaran prestasi belajar Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010 sangat baik berdasar kriteria ketuntasan minimal (3) Korelasi antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010 sebesar 0,777, signifikan pada taraf signifikansi 5%. (3) Arah hubungan yang terjadi antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010 adalah positif sebesar + 0,0470. Hal ini berarti antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2009/2010 memiliki hubungan yang positif, dan koefisien korelasi tersebut termasuk dalam kategori cukup.
Berdasarkan berbagai kesimpulan yang ada maka penulis memberikan beberapa saran: a).Diharapkan ada dukungan dari pihak sekolah untuk meningkatkan dan mengembangkan bimbingan terutama pada siswa kelas XI yang akan menempuh jenjang kelas XII. b). Mengembangkan bimbingan terutama dalam bidang bimbingan pribadi dan bimbingan karir. c). Memberikan layanan bimbingan individu guna meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk menempuh masa depan. d). Melakukan layanan yang intensif terutama mengenai topik pemilihan jurusan di universitas agar sesuai dengan kemampuan. e) Melakukan evaluasi secara berkala terhadap siswa untuk mengetahui ada tidaknya permasalahan yang dialami siswa baik masalah belajar, pergaulan, maupun bakat dan minat.
Inggris :
RIZAL, KHAERUR. 2010. NPM 1106500260 The correlation between the self concept with academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang In the academic years 2009/2010. First Advisor: Drs. Sukoco KW, Second Advisor: Suriswo, M.Pd
Keywords : Self Concept, Academic Achievement.
Puberty is the change periods from the children, what happen in the past will be influence in the future, the man must leave all of the kids. With happened teen periods will be happen more changing, like physicly changing, social, emotional, and attitude. Self concept is not attitude bring from born but it is influence from the experience of sociality. Self concept have responsibility to the attitude the people that positvely or negatively. With the self concept the people happen have a good attitude.
This research purposed to find out : (1) A description of the self concept from the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010, (2) A description of the academic achievement from the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010 (3) The correlation between the self concept with academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010, and (3) The direction of correlation between the self concept with academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010.
The population in this research are all of students in class XII SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years 2009/2010. In the cumulative 256 students that devide at sixs class. And the technique of the sampling using Cluster Random sampling to get the sampling. And get that class XII social 3 to be a sampling of the population and the total students in this class is 46 students.
The research instrument use three kinds of instrument, a questionnaire, interveiw and a file documentation. This questionaire was arranged based on two indicators: positive self concept and negative self concept. The instrument used to collect data of academic achievement were obtain from record kept in SMA Negeri 3 Pemalang. The instrument were analyzed with the percentage tehnique, the correlation tehnique and rank difference correlation tehnique.
The conclutions of this research shows : (1) The self concept of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years 2009/2010 who have been into high level, they are 27 people and who have been into low level, they are 19 people. (2) The academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years 2009/2010 is very good based on KKM (3) The result of the correlation between the self concept with academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010 is 0,777, this correlation significant at 5% level of significant. (4) The direction of correlation between the self concept with academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010 is positive with value + 0,0470. It means has the positive correlation between the self concept with academic achievement of the eleventh grade students of SMA Negeri 3 Pemalang in the academic years of 2009/2010, although this correlation was a medium correlation.
Based on the conclusion are the authors give some suggestions: a). Expected no support from the school to enhanced and develop the guidance, especially in the eleventh grade student who will be taking the class XII level. b). Develop guidance, especially in the areas of personal counselling and career guidance. c). Provide individual counselling services to enhance and motivation of student to purpue future. d). Conducting intensive services, particulary on topics pemilthan departments at university to match the capabilitys e). Conduct periodic evaluations students to know the problems.
BK081079 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain