Skripsi
Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Peningkatan Perkembangan Intelektual Remaja Pria Dan Wanita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
ADI PURNOMO. 1107500794. 2010. Skripsi. Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Peningkatan Perkembangan Intelektual Remaja Pria Dan Wanita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Drs. Sukoco KW, Suriswo, S.Pd. M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Bimbingan Pribadi, Perkembangan Intelektual.
Perkembangan intelektual pada masa remaja jika tidak mendapat bimbingan, baik dari guru di sekolah ataupun dari keluarga pada akhirnya cenderung bersifat destruktif yang berujung pada terjadinya perilaku kenakalan remaja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan intelektual remaja pria dan wanita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan pribadi.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: siswa yang telah mendapat layanan bimbingan pribadi, tingkat perkembangan intelektualnya akan lebih baik dari pada yang tidak mendapatkan layanan bimbingan pribadi.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, sejumlah 301 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Dari 301 siswa tersebut diambil sample secara random sampling sebanyak 60 siswa yang terdiri dari siswa pria dan wanita.
Tingkat perkembangan intelektual remaja siswa kelas VIII pria dan wanita sebelum dilakukan layanan bimbingan pribadi dikategorikan dalam rentang cukup. Hal ini dibuktikan dengan angka ketercapaian skor angket mencapai 5770, berarti hanya 64,11% dengan mean 96,167. Selanjutnya setelah mendapatkan layanan bimbingan pribadi diperoleh data bahwa tingkat perkembangan intelektualnya dikategorikan dalam rentang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan angka ketercapaian skor angket mencapai 6.242 berarti ada 69,36% dengan mean 104,033.
Analisis data dari hasil penelitian kemudian diuji dengan menggunakan uji t test. Berdasarkan dari analisis t hitung 5,564, dimana t table dengan derajat kebebasan N-1 atau 59, diperoleh t table 2000. perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t table (5,564 > 2,000). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat perkembangan intelektual remaja pria dan wanita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 setelah mendapatkan layanan bimbingan pribadi terjadi peningkatan yang cukup signifikan.
Inggris :
ADI PURNOMO. 1107500794. 2010. Thesis. Personal Tuition Service Difference To Make-Up Of Adolescent Intellectual Growth of Man And Woman of Student of Class of VIII SMP Country 1 Dukuhturi of Regency of Tegal of School Year 2009 / 2010. Drs. Sukoco KW, Suriswo, S.Pd. M.Pd. Faculty of Teacher ship and Science of Education of University of Pancasakti Tegal.
Keyword: Personal Tuition, Intellectual Growth.
Intellectual growth at teen-age otherwise get the tuition, good from teacher at school and or from family in the end tend to to have the character of destructive is which is tip of at the happening of adolescent mischief behavior.
Intention of this research is to know the adolescent intellectual growth storey; level of man and woman of student of class of VIII SMP Country 1 Dukuhturi of Regency of Tegal of School Year 2009 / 2010 before and after given by a personal tuition service.
Pursuant to basis for theory and framework think the, hypothesis at this research can be formulated as follows: student got the personal tuition service, mount the intellectual growth will be more is good the than at which do not get the personal tuition service.
Population in this research that is entire/all student of class of VIII SMP Country 1 Dukuhturi of Regency of Tegal of School Year 2009 / 2010, a number of 301 student which is gone the round of in 8 class. From 301 the student taken sample by random is sampling as much 60 student consisted of by the student of man and woman.
Mount the adolescent intellectual growth of student of class of VIII of man and woman of before done/conducted by a personal tuition service of class VIII of before done/conducted by a personal tuition service categorized in spanning enough. This matter is proved with the number of reach of equate score reach 5770, meaning only 64,11% by mean 96,167. Hereinafter after getting obtained by personal tuition service of data that its his intellectual growth storey; level is categorized in spanning high. This matter is proved with the number of reach of equate score reach 6.242 meaning there is 69,36% by mean 104,033.
Analyse the data from research result is later; then tested by using test t test. Pursuant to from analysis t count/calculate 5,564, where t table with the degree of freedom of N-1 or 59, obtained by t table 2000. the comparison prove that t count/calculate bigger than t table (5,564 > 2,000). This matter indicate that the hypothesis work this research is accepted.
Inferential thereby that adolescent intellectual growth storey; level of man and woman of student of class of VIII SMP Country 1 Dukuhturi of Regency of Tegal of School Year 2009 / 2010 after getting happened by the personal tuition service of improvement which enough significant.
BK081080 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain