Skripsi
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Ekspresi Puisi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas X SMK Ma'arif NU Talang Tahun Pelajaran 2009/2010"
ANAM, M.KHAERUL. 2010 "Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Ekspresi Puisi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas X SMK Ma'arif NU Talang Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Pembimbing I Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pencasakti Tegal.
Kata kunci : Menulis Puisi, Metode Ekspresi, Media Gambar.
Kemampuan menulis puisi melalui metode ekspresi puisi dan media gambar pada siswa kelas X SMK Ma'arif NU Talang Tahun Pelajaran 2009/2010 sering diremehkan. Hal ini menyebabkan minat siswa dalam menulis puisi masih rendah dan siswa tidak dapat mengekpresikan sesuatu untuk dapat dijadikan sebuah puisi.
Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Ma'arif NU Talang Kabupaten Tegal, (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan atau keterampilan menulis puisi melalui metode ekspresi puisi dan media gambar pada siswa kelas X SMK Ma'arif NU Talang Kabupaten Tegal, (3) Mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran melalui metode ekspresi puisi dan media gambar pada siswa kelas X SMK Ma'arif NU Talang Kabupaten Tegal.
Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Objek penelitian ini yaitu kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Ma'arif NU Talang Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu variabel metode ekspresi puisi, variabel media gambar dan variabel kemampuan menulis puisi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode ekspresi puisi dan media gambar. Pada prasiklus diperoleh skor rata-rata siswa sebesar 6,41. Kemudian, meningkat menjadi sebesar 7,14 pada siklus I. Pada siklus II, skor rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 7,55. Dari tabel distribusi frekuensi bergolong (TDFB) dapat diketahui bahwa dalam pengujian yang ada, keefektifan siswa dalam pembelajaran menulis puisi melalui metode ekspresi puisi dan media gambar dinilai sangat efektif. Melalui metode ekspresi puisi dan media gambar akan terjadi perubahan sikap dan perilaku siswa. Siswa menjadi lebih semangat dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru-guru dapat memberikan variasi metode baru dalam pembelajaran dan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif, tertarik, dan berminat dalam mengikuti pembelajaran. Bagi kepala sekolah diharapkan dapat menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan pembelajaran dan untuk komite sekolah lebih memperhatikan sarana dan prasarana sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
PBSID081042 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain