Skripsi
Keefektifan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
DALDIRI, NPM. 1107500784. Keefektifan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010
Kata Kunci : Kemampuan Sosial dan Bimbingan Kelompok.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan selama kegiatan proses belajar mengajar ada bermacam-macam tingkah laku siswa yang tidak sesuai dengan harapan guru seperti membolos disaat pergantian jam pelajaran; berbicara jorok; tidak sopan terhadap staf tata usaha; tidak mengucapkan salam bila bertemu dengan guru, TU, dan teman; mudah tersinggung bila diingatkan oleh teman; melompat pagar sekolah; sering tidak mencatat pelajaran; sering tidak masuk sekolah; sering tidak membawa buku catatan pelajaran; sering bergaul dengan teman yang sudah tidak sekolah dan sering "ngetem" di pinggir jalan.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebelum diberi bimbingan kelompok?; 2) Bagaimanakah kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010 sesudah diberi bimbingan kelompok?; 3) Apakah layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebelum diberi bimbingan kelompok? 2) Kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010 sesudah diberi bimbingan kelompok?; 3) Apakah layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Tahun Pelajaran 2009/2010?
.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010, meliputi kelas VIII A sampai VIII F yang berjumlah 247 siswa. Sample dalam penelitian ini 6 siswa, yaitu siswa yang kemampuan sosialnya rendah. Variable dalam penelitian ini adalah pemberian bimbingan kelompok sebagai variable bebas dan kemampuan sosial siswa sebagai variable terikat. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan partisipan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data menggunakan rumus .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan 1) Kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal tahun pelajaran 2009.2010 sebelum dibimbing adalah sebagai berikut: klien 1 jumlah perilaku 47 kali, klien 2 jumlah perilaku 52 kali, klien 3 jumlah perilaku 52 kali, klien 4 jumlah perilaku 51 kali, klien 5 jumlah perilaku 66 kali dan klien 6 jumlah perilaku 46 kali; 2) Kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal tahun pelajaran 2009.2010 setelah dibimbing adalah sebagai berikut: klien 1 jumlah perilaku 9 kali, klien 2 jumlah perilaku 11 kali, klien 3 jumlah perilaku 6 kali, klien 4 jumlah perilaku 3 kali, klien 5 jumlah perilaku 8 kali dan klien 6 jumlah perilaku 6 kali; 3) Bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan rata-rata perubahan kemampuan sosial dari rendah menjadi tinggi sampai dengan 85,84%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok memberikan sumbangan efektif sampai dengan 85,84% dapat mengatasi siswa yang kemampuan sosialnya rendah.
Inggris :
DALDIRI, NPM. 1107500784. Effectiveness of Group Tuition to Make-Up of Social Ability of The Eight Year SMP Negeri 3 Comal in the Academic Year 2009/2010.
Password : Social Ability and Group Tuition
This research is background by perception result of during activity process to learn to teach there are all kinds of student behavior which is disagree with expectation learn like cutting a class moment of commutation of lesson clock; conversing sordid; as bold as brass to staff arrange the effort; don't say the greeting when coming in contact with teacher, TU, and friend; thin-skinned when reminded by friend; jump the school fence; often don't note the lesson; often don't enter the school; often don't bring the lesson jotter; often associate with the friend of school don't and often squat in roadside.
Problems which is discussed in this skripsi are 1) What will be social ability of the eight year SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010 before given by the group tuition 2) What will be social ability of the eight year SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010 after given by the group tuition 3) What effective group tuition service in improving social ability of the eight year SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010? Target in this research is to know the 1) Social ability of the eight year SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010 before given by the group tuition 2) Social ability of the eight year SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010 after given by the group tuition 3) What effective group tuition service in improving social ability of the eight year SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010?
Population in this research is student of the eight year of SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010, covering class of VIII A until VIII F amounting to 247 student. Sample in this research 6 student, that is student which its social ability lower the. Variable in this research is gift of group tuition as free variable and social ability of student as variable trussed. Desain Research use the research of participle action. Method of data collecting use the interview, observation and documentation. For the technique of analyse the data use formula .
By virtue to result of inferential solution and research hence 1) Social ability of the eight year of SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010 before guided shall be as follows: client 1 behavioral amount 47 times, client 2 behavioral amount 52 times, client 3 behavioral amount 52 times, client 4 behavioral amount 51 times, client 5 behavioral amount 66 times and client 6 behavioral amount 46 times 2) Social ability of the eight year of SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010 after guided shall be as follows: client 1 behavioral amount 9 times, client 2 behavioral amount 11 times, client 3 behavioral amount 6 times, client 4 behavioral amount 3 times, client 5 behavioral amount 8 times and client 6 behavioral amount 6 times 3) Group tuition effective to improving social ability of the eight year of SMP Negeri 3 Comal in the academic year 2009/2010. This matter is proved by a social ability change mean from lowering to become high up to 85,84%. The result indicate that the group tuition give the effective contribution up to 85,84% can overcome the student which its social ability lower.
BK081081 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain