Skripsi
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Go a Round Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI, SMA AL- IRSYAD Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kundari,Devi. 2010. 'Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Go a Round Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI, SMA AL- IRSYAD Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas pancasakti tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Go A Round. Prestasi Belajar
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah implementasi pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA AL-Irsyad Kota Tegal (2)Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round terhadap prestasi belajar siswa kelas XI, SMA Al -Irsyad Kota Tegal ? (3) Fakor apa sajakah yang menunjang keberhasilan pembelajaran, kooperatif tipe group investigation go a round ?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Go A Round pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Al-Irsyad Kota Tegal (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Go A Round terhadap prestasi belajar siswa kelas XI, SMA Al -Irsyad Kota Tegal (3) Mendeskripsikan faktor penunjang keberhasilan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Go A Roun
Dalam populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, SMA Al -Irsyad Kota Tegal Tahun pelajaran 2009/2010 ,kemudian sampel dalam penelitian ini ditetapkan 26 orang yang berasal dari kelas XI IPA2 (eksperimen) yang menerapkan metode kooperatif tipe Group Investigation Go A Round. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas: Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round dan variabel terikat : Prestasi belajar Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data mengguanakan metode tes dan metode dokumentasi, sehingga analisis yang digunakan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung 19,73 > t tabel 1,70, hal ini juga dapat dilihat dari perbedaan rata-rata kelas antara pretas sebesar 50,9 dan postes sebesar 72,5.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulakan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas XI, SMA AL-IRSYAD Kota Tegal Tahun pelajaran 2009/2010 adalah kriteria baik. Saran dalam kegiatan ini siswa yang merasa jenuh dan bosan dalam proses belajar mengajar menjadi tertarik dan bersemangat mengikuti proses belajar mengajar juga membantu meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal .
PBSID081026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain