rtabel 5 % = 0,374 dan rxy = 0,860 > rtabel 1% = 0,478 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok terhadap pembentukan kepribadian siswa terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. sedangkan besar pengaruhnya adalah 73,96 % dan sisanya 26,04 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui oleh penulis. Disarankan guru pembimbing, untuk sering memberikan bimbingan kelompok kepada siswa agar pembentukan kepribadian siswa secara langsung maupun tidak langsung dapat menuju ke arah yang lebih baik, dan menyelenggarakan bimbingan kelompok sebagai latihan interaksi sosial yang dapat meningkatkan hubungan sosial antar siswa guna membantu siswa terisolir dalam melakukan hubungan sosial di sekolah, untuk siswa tanpa hubungan sosial dan keakraban yang baik, maka tidak akan terwujud prestasi belajar yang menggembirakan yang dapat menunjang prestasi belajar." />
Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa Terisolir Pada Siswa Kelas VII Negeri 17 Tegal 2009/2010
UMMAHATI, ALVITA. NPM. 1106500236. judul Skripsi "Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap pembentukan Kepribadian Siswa Terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal Tahun 2009/2010". Pembimbing 1: Sri Sumarsih, M,Pd , Pembimbing II: Budi Raharjo, S.Pd
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Pembentukan Kepribadian siswa Terisolir
Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Kelompok, untuk mengetahui Pembentukan kepribadian siswa terisolir, dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap pembentukan kepribadian siswa terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap pembentukan kepribadian siswa terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang posirif dan signifikan Bimbingan kelompok terhadap pembentukan kepribadian siswa terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 215 siswa yang diambil sebanyak sampel 13 % dari 215, maka sebagai jumlah sampel sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa terisolir dan 14 siswa tidak terisolir. Variabel yang digunakan ada 2, yaitu variabel bebas adalah bimbingan kelompok (X), sedangkan variabel terikat adalah Pembentukan kepribadian siswa terisolir (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, sosimetri, dokumentasi serta angket (Kusioner) yang telah di uji cobakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tegal, dan telah dinyatakan valid dan reliabel, sehingga layak untuk digunakan.
Dengan teknik Analisis Deskriptif pelaksanaan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal diperoleh hasil 60,71 %. Masuk kriteria cukup tinggi. Sedangkan pembentukan kepribadian siswa 57,34 % masuk kriteria cukup tinggi dengan teknik analisis korelasi menunjukkan hasil korelasi hitung yang diperoleh ternyata lebih besar dari angka dalam tabel, baik taraf siginifikan 5 % maupun taraf signifikan 1%, yaitu rxy = 0,860 > rtabel 5 % = 0,374 dan rxy = 0,860 > rtabel 1% = 0,478 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok terhadap pembentukan kepribadian siswa terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. sedangkan besar pengaruhnya adalah 73,96 % dan sisanya 26,04 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui oleh penulis.
Disarankan guru pembimbing, untuk sering memberikan bimbingan kelompok kepada siswa agar pembentukan kepribadian siswa secara langsung maupun tidak langsung dapat menuju ke arah yang lebih baik, dan menyelenggarakan bimbingan kelompok sebagai latihan interaksi sosial yang dapat meningkatkan hubungan sosial antar siswa guna membantu siswa terisolir dalam melakukan hubungan sosial di sekolah, untuk siswa tanpa hubungan sosial dan keakraban yang baik, maka tidak akan terwujud prestasi belajar yang menggembirakan yang dapat menunjang prestasi belajar.
BK081082 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain