rtabel 5 % = 0,374 dan rxy = 0,860 > rtabel 1% = 0,478 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok terhadap pembentukan kepribadian siswa terisolir pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. sedangkan besar pengaruhnya adalah 73,96 % dan sisanya 26,04 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui oleh penulis. Disarankan guru pembimbing, untuk sering memberikan bimbingan kelompok kepada siswa agar pembentukan kepribadian siswa secara langsung maupun tidak langsung dapat menuju ke arah yang lebih baik, dan menyelenggarakan bimbingan kelompok sebagai latihan interaksi sosial yang dapat meningkatkan hubungan sosial antar siswa guna membantu siswa terisolir dalam melakukan hubungan sosial di sekolah, untuk siswa tanpa hubungan sosial dan keakraban yang baik, maka tidak akan terwujud prestasi belajar yang menggembirakan yang dapat menunjang prestasi belajar." />