Skripsi
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri I Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
RATNASARI, NIRMALA. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri I Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Alasan pemilihan judul berawal keingin tahuan penulis tentang metode pengajaran di sekolah SLB Tunanetra, oleh karena itu penulis mengadakan penelitian di SMALB Negeri I Pemalang. Proses pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ( SMALB) Negeri I Pemalang, sama dengan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya, hanya saja dibutuhkan metode yang tepat dan kesabaran dari guru yang bersangkutan. Mafaat bagi guru adalah penelitian dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk menetapkan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang paling cocok dan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian dapat dirumuskan diantaranya,Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada anak tunanetra dengan keterbatasan anak, kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia anak tunanetra, upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi pembelajaran Bahasa Indonesia.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, Mendeskripsikan model pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah Luar Biasa Tunanetra, mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah Luar Biasa Tunanetra, mendeskripsikan upaya-upaya atau usaha guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah Luar Biasa Tunanetra.
Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek dari penelitian ini adalah kelas X Sekolah Menengah Luar Biasa (SMALB) Negeri I Pemalang yang terdiri dari tiga siswa, dua siswa perempuan dan satu siswa laki-laki.
Simpulan, Proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ( SMALB) Negeri I Pemalang, sama dengan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas X Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri I Pemalang, banyak mengalami kendala yang ditemui pada saat pembelajaran.Guru di kelas X Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri I Pemalang telah melakukan upaya-upaya dalam mengatasi kendala yang ditemui pada saat pembelajaran sehingga pembelajaran bisa berjalan lancar
PBSID081045 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain