2,081). Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara siswa introvert lebih baik kemampuan mengarangnya daripada siswa ekstrovert pada siswa SMP Bhakti Praja Tahun Pelajaran 2009/ 2010" />
Skripsi
Studi Komparatif Kemampuan Mengarang Siswa yang Berkepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Siswa Kelas VII SMP BHAKTI PRAJA Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010
ASTRYAH, ETI. 2010. "Studi Komparatif Kemampuan Mengarang Siswa yang Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa kelas VII SMP BHAKTI PRAJA Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010". Skripsi. Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. dan Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M. Pd.
Kata Kunci : Komparatif, Mengarang, Ekstrovert dan Introvert
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1)bagaimana perbedaan kemampuan mengarang siswa, antara siswa yang berkepribadian introvert dan siswa ekstrovert (2)adakah perbedaan kemampuan mengarang siswa, antara siswa yang berkepribadian introvert dan siswa yang berkepribadian ekstrovert pada siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Kota Tegal
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang perbedaan kemampuan mengarang siswa yang berkepribadian introvert dan siswa yang berkepribadian ekstrovert dan ada tidaknya perbedaan kemampuan mengarang antara siswa yang berkepribadian Ekstrovert dan siswa yang berkpribadian introvert di SMP Bhakti Praja Kota Tegal kelas VII Semester II.
Bedasarkan penelitan yang dilakukan dengan cara tes mengarang kepada siswa imtrovert dan siswa ekstrovert, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :Kemampuan mengarang siswa yang berkepribadian introvert dengan siswa yang berkepribadian introvert.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Tegal yang terdiri atas Tiga kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Bhakti Praja Tegal, yang berjumlah 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok tiap - tiap kelompok terdiri dari 20 siswa, 20 siswa introvert dan 20 siswa ekstrovert.
Data penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan uji tes mengarang kepada masing - masing siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5 % dengan drajat kebebasan 38 hasilnya adalah 2,643 dan t-tabel 2,081. Hipotesis ini diterima karena hasil t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2,643 > 2,081).
Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara siswa introvert lebih baik kemampuan mengarangnya daripada siswa ekstrovert pada siswa SMP Bhakti Praja Tahun Pelajaran 2009/ 2010
PSID081029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain