Skripsi
Keefektifan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP N 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
CASURI. 2010. "Keefektifan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP N 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dan Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : Kurikulum, KTSP, Pembelajaran bahasa Indonesia.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut;
(1) Bagaimanakah implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan. (2) Bagaimanakah keefektifan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2) Mengetahui keefektifan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keefektifan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 sangat efektif. Hal ini terlihat dalam pencapaian prestasi bahasa Indonesia siswa sangat memuaskan. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri 8 Tegal dilaksanakan dengan baik. Guru di sekolah menyampaikan pesan-pesan kurikulum kepada peserta didik untuk membentuk kompetensi mereka sesuai dengan karakteristik dan kemampuan masing-masing.
PBSID081046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain