Skripsi
Keefektifan Penggunaan Media Slide dalam Pembelajaran Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP N 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
SUHERMAN, ASEP. 2010. "Keefektifan Penggunaan Media Slide dalam Pembelajaran Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP N 8 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dan Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : Pembelajaran Kalimat Efektif, Media Slide.
Pembelajaran Kalimat Efektif dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran yang diantaranya menggunakan Media Slide.
Penulis ini mengkaji tiga masalah yaitu Bagaimanakah pembelajaran kalimat efektif siswa kelas VII SMP N 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 ? Bagaimanakah penerapan media slide dalam pembelajaran kalimat efektif siswa kelas VII SMP N 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 ? Bagaimanakah keefektifan penggunaan media slide dalam pembelajaran kalimat efektif siswa kelas VII SMP N 8 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 ?
Penulis ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan media slide, (2) kelompok II, (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa media slide sebanyak 42 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat kalimat efektif. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 9,34 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,97 dengan t tabel 1,68.
Jadi, pengajaran menulis kalimat efektif dengan media slide dan tanpa media slide sama-sama efektif, tetapi lebih efektif dengan media slide karena (1) Media Slide adalah salah satu media pembelajaran menghadirkan gambar tunggal dalam bentuk film positif tembus pandang yang dilengkapi dengan bingkai yang diproyeksikan sehingga dapat memperoleh hasil yang baik, (2) dengan hadirnya media slide siswa antusias untuk belajar khususnya membuat kalimat efektif, (3) dan media slide dapat membantu siswa untuk memudahkan memahami kalimat-kalimat yang baik dan benar.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media slide dalam pengajaran menulis kalimat efektif.
PBSID081047 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain