Skripsi
Kesalahan Ejaan dalam Surat-Surat Dinas Di UPTD Dikpora Kecamatan Suradadi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MTs
FEBRUHARVIEANTO, EKO. 2010. Kesalahan Ejaan dalam Surat-Surat Dinas Di UPTD Dikpora Kecamatan Suradadi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MTs. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Sutji Muljani, M.Hum.; Pembimbing II: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata kunci : Kesalahan Ejaan, surat-surat dinas.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan tiga masalah, yaitu (1) Bagaimanakah penggunaan ejaan dalam penulisan surat dinas di UPTD Dikpora Kecamatan Suradadi ?, (2) Jenis kesalahan ejaan apa sajakah yang terdapat dalam surat dinas di UPTD Dikpora Kecamatan Suradadi ?, (3) Bagaimanakah implikasi penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di MTs ?. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penggunaan ejaan dalam penulisan surat dinas di UPTD Dikpora Kecamatan Suradadi, (2) Mengidentifikasi jenis kesalahan ejaan yang terdapat dalam penulisan surat dinas di UPTD Dikpora Kecamatan Suradadi (3) Mengimplikasikan hasil penelitian ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTs.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kesalahan yang berpedoman pada Ejaan yang Disempurnakan. Teknik ini mengacu pada kaidah-kaidah penggunaan ejaan yang terdapat dalam Ejaan yang Disempurnakan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang terdapat dalam surat dinas UPTD Dikpora adalah sebagai berikut. Kesalahan penulisan kata berjumlah 106 kesalahan atau 69,7 % dari jumlah seluruh kesalahan, kesalahan penulisan huruf ada 26 kesalahan atau 17,1 % dari jumlah seluruh kesalahan, dan kesalahan penulisan tanda baca terjadi sebanyak 20 kesalahan atau 13,2 % dari jumlah keseluruhan kesalahan. Dalam penelitian ini tidak ditemukan kesalahan pemakaian huruf dan kesalahan penulisan unsur serapan. Bila dilihat dari jumlah kesalahan yang terjadi, secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan ejaan dalam penulisan surat dinas di UPTD Dikpora masih banyak yang belum sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan. Hasil penelitian ini memiliki implikasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis. Pembelajaran menulis yang dimaksud adalah pembelajaran menulis surat dinas. Siswa dapat mengetahui penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam penulisan surat dinas, agar nanti jika siswa membuat surat dinas seuai dengan kaidah penggunaan Ejaan yang Disempurnakan. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyarankan dalam menulis surat dinas perlu diperhatikan kaidah penggunaan ejaan yang berlaku, sehingga hasil tulisannya dapat dimanfaatkan dalam rangka memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang sesuai dengan kaidah Ejaan yang Disempurnakan serta dapat bermanfaat bagi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.
PBSID081048 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain