Skripsi
Pengaruh Parenting Style Terhadap Kematangan Emosi pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Indonesia :
ANGGRAENI, WULAN, 2010. NPM : 1106500283, Judul Skripsi Pengaruh Parenting Style Terhadap Kematangan Emosi pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Pembimbing I : Dr.Hj.Sitti Hartinah D.S., M.M Pembimbing II : Abdul Chamid, S.Pd, Kons.
Kata Kunci : Parenting style dan Kematangan Emosi.
Parenting style tersebut sangatlah berpengaruh dalam kematangan emosi anak. Orang tua sebagai pendidik yang pertama dan utama, jadi perlakuan orang tua yang salah asuh terhadap anak dapat berdampak negatif pada perkembangan emosi anak sehingga faktor kematangan emosi dalam diri anak tidak terbentuk dengan baik. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh parenting style terhadap kematangan emosi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh parenting style terhadap kematangan emosi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini populasinya adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama, yang berjumlah 240 siswa, kemudian penulis mengambil sampel 12,5% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data untuk kedua variabel adalah parenting style (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan kematangan emosi (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,483 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 30 diperoleh harga r tabel sebesar 0,361, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh parenting style terhadap kematangan emosi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Brebes tahun Pelajaran 2009/2010. Pada variabel parenting style dalam kategori rendah sebanyak 3 anak (10%), kategori cukup sebanyak 20 anak (66,6%) dan kategori tinggi sebanyak 7 anak (23,3%). Sehingga pengaruh parenting style terhadap anak dalam kategori cukup tinggi. Sedangkan pada variabel kematangan emosi dalam kategori rendah sebanyak 1 anak (3,3%), kategori cukup sebanyak 11 anak (36,6%) dan kategori tinggi sebanyak 18 anak (60%). Jadi kematangan emosi siswa dalam kategori tinggi. Dengan besar kontribusi (sumbangan) dari pengaruh parenting style terhadap kematangan emosi siswa sebesar 11,27% sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh antara parenting style terhadap kematangan emosi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Brebes tahun Pelajaran 2009/2010. Saran bagi siswa adalah siswa diharapakan mampu untuk merespon dengan baik terhadap teknik parenting style yang diberikan orang tua, kemudian bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pola asuh yang benar dan baik sehingga dapat mematangkan emosi anak, serta bagi guru pembimbing agar mampu meningkatkan hubungan yang baik dan harmonis antara guru dengan orang tua dan guru dengan siswa sehingga dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah
Inggris :
ANGGRAENI, WULAN, 2010. NPM: 1106500283, Thesis Title Influence of Parenting Style on Emotional Maturity in the eighth grade students of SMP Negeri 4 Brebes Academic Year 2009/2010. Advisors I: Dr.Hj.Sitti Hartinah DS, MM Advisors II: Abdul Chamid, S. Pd, Constantine
Parenting style is very influential in the child's emotional maturity. Parents as educators first and foremost, so that one treatment foster parent of a child can have a negative impact on emotional development of children so that the factor of emotional maturity in the child is not well formed. The problem that arises is whether there is influence of parenting styles on students' emotional maturity. The purpose of this study is to determine how much influence parenting styles of emotional maturity class VIII Junior High School.
This study population is students of class VIII Junior High School, which stood at 240 students, then the writer takes samples of 12.5% of the total population is obtained as many as 30 students. Collecting data for both variables are parenting styles (independent variable) as the cause variable, and emotional maturity (dependent variable) as a result variable. Both of these variables using data collected through questionnaires, documentation, and interviews. Validation Test Items in this research using product moment correlation formula, whereas the reliability study using the technique of splitting two Split-Half. Data were analyzed using product moment correlation.
From the results of data analysis rxy r 0.483 when compared with the table at 5% significance level with N = 30 obtained rates of 0.361 r table, we can conclude that there is influence of parenting style on emotional maturity in the eighth grade students of SMP Negeri 4 Brebes year 2009 Lessons / 2010. In the parenting style variables in the low category were three children (10%), quite as many as 20 categories of children (66.6%) and high categories were seven children (23.3%). So that the influence of parenting styles on children in the high category. While the variables of emotional maturity in the low category of one child (3.3%), quite as many as 11 categories of children (36.6%) and high categories were 18 children (60%). So the emotional maturity of students in the high category. With large contributions (donations) from the influence of parenting style on student emotional maturity of 11.27% while the rest is determined by other factors.
Conclusion of this research is that there are influences between parenting styles of emotional maturity in the eighth grade students of SMP Negeri 4 Lesson Brebes year 2009/2010. Advice for students is expected that students be able to properly respond to parenting techniques given parent style, then for the parent is expected to provide the proper upbringing and good so it can ripen children's emotions, as well as for supervising teachers to be able to enhance good relations and harmonious relationship between teachers with parents and teachers with students that can be used as reference in providing guidance and counseling services in schools.
BK081088 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain