Skripsi
Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Tahun Pelajaran 2009/2010
INDRADEWI, IKA PUSPITA, 2010. NPM. 1506500634 "Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs.Burhan Eko Purwanto, M.Hum Pembimbing II Sutji Muljani, M Hum
Kata Kunci : Kooperatif learning, Model STAD, kemampuan menulis, dan Persuasi,
Rumusan masalah (1) Bagaimanakah pembelajaraan Kooperatif model STAD pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal? (2) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa dengan pembelajaran kooperatif model STAD? (3) Bagaimana Keefektifan pembelajaran kooperatif Model STAD dalam menulis karangan persuasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Tahun Pelajaran 2009/2010? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaraan Kooperatif model STAD pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal. (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa dengan pembelajaran kooperatif model STAD. (3) Mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif Model STAD dalam menulis karangan persuasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat kuantitatif yakni menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik t-tes. Pengumpulan datanya menggunakan tenik tes hasil belajar dan dokumentasi. Metode analisis data dengan rumus t-tes untuk menguji kelompok kontrol dan eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hitungan analisis dengan t-tes tersebut di atas diketahui bahwa harga thitung 4.245, sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan kebebasan 58 sebesar 1,67. Hal ini berarti bahwa pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal.
Simpulan, Pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Bukti keefektifan trersebut yaitu dengan t-tes tersebut di atas diketahui bahwa harga thitung 4.245, sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan kebebasan 58 sebesar 1,672. Hal ini berarti bahwa pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal.
PSID081032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain