Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010.
Indonesia :
LIA WULANDARI, OKTIE. 2010. NPM : 1106500268, Judul Skripsi Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Kepercayaan Diri.
Bimbingan Kelompok tersebut sangatlah berpengaruh dalam Kepercayaan diri anak. sehingga faktor bimbingan kelompok harus bisa dilaksanakan di sekolah dengan efektif agar kepercayaan dalam diri anak dapat terbentuk dengan baik. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini populasinya adalah peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Kejuruan, yang berjumlah 240 peserta didik, kemudian penulis mengambil sampel 12,5% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Pengumpulan data untuk kedua variabel adalah bimbingan kelompok (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan kepercayaan diri peserta didik (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,483 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 30 diperoleh harga r tabel sebesar 0,361, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Slawi tahun Pelajaran 2009/2010. Pada variabel layanan bimbingan kelompok dalam kategori rendah sebanyak 4 siswa (13,3%), kategori cukup sebanyak 16 siswa (53,3%) dan kategori tinggi sebanyak 10 siswa (33,3%). Sehingga pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap anak dalam kategori cukup. Sedangkan pada variabel kepercayaan diri dalam kategori rendah sebanyak 1 siswa (3,3%), kategori cukup sebanyak 12 siswa (40%) dan kategori tinggi sebanyak 17 anak (56,6%). Jadi kepercayaan diri siswa dalam kategoritinggi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh antara bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Slawi tahun Pelajaran 2009/2010. Saran bagi peserta didik adalah diharapakan mampu untuk meningkatkan kepercayaan diri terhadap layanan bimbingan konseling yang diberikan guru pembimbing. kemudian bagi guru pembimbing diharapkan dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok secara efektif sehingga dapat membentuk kepercayaan diri pada diri anak dan dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Inggris :
LIA WULANDARI, OKTIE, 2010. NPM: 1106500268, Thesis Title Effect of Group Counseling on Student Confidence In eighth grade students of SMP Negeri 2 Slawi Academic Year 2009/2010.
Keywords: Group Counseling and Self-Esteem.
Group counseling is extremely influential in children confidence. so that factor should be biased counseling group effectively implemented in schools so that confidence in the child can form properly. The problem that arises is whether there is influence of group counseling on self-confidence of students. The purpose of this study is to determine how much influence the guidance of a group of eighth grade students' self confidence Junior High School
This study population is students of class VIII Vocational High School, which stood at 240 students, then the writer takes a sample of 12,5% of the total population is obtained as many as 30 students. Collecting data for both variables are coaching groups (independent variables) as the cause variable, and confidence of students (dependent variable) as a result variable. Both of these variables using data collected through questionnaires, documentation, and interviews. Validation Test Items in this research using product moment correlation formula, whereas the reliability study using the technique of splitting two Split-Half. Data were analyzed using product moment correlation.
From the results of data analysis rxy r 0.483 when compared with the table at 5% significance level with N = 30 obtained rates of 0.361 r table, it can be concluded that there was an effect of self-esteem counseling group on the eighth grade students of SMP Negeri 2 Slawi year Lesson 2009/2010.
Conclusion The results of this study is there is influence between the guidance of the group on confidence in the eighth grade students of SMP Negeri 2 Lesson Slawi year 2009/2010. Advice for students is expected that students be able to increase the confidence of the counseling services provided by the supervising teacher. then for the supervising teacher is expected to increase the effective group counseling services that could form the self-confidence of children and can be used as reference in providing guidance and counseling services in schools.
BK081089 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain