Skripsi
Upaya Peningkatan Kualitas Konsep Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Setianingsih, Meri. 2010. Upaya Peningkatan Kualitas Konsep Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Prodi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Konsep Diri, Ekstrakurikuler Pramuka.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kualitas konsep diri siswa? (2) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan kualitas konsep diri siswa? (3) Bagaimanakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap peningkatan kualitas konsep diri siswa SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010? Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kualitas konsep diri siswa; pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan kualitas konsep diri siswa; serta ada tidaknya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap peningkatan kualitas konsep diri siswa SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian yaitu sejumlah 100 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Sampel dalam penelitian ini yaitu sejumlah 40 siswa. Metode Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase untuk pendeskripsian data, analisis korelasi Pearson Product Moment dan analisis determinasi.
Simpulan penelitian mengenai kualitas konsep diri sebagian besar diantaranya memiliki kualitas konsep diri dalam kategori cukup baik yaitu 14 orang (35%). Sisanya 12 orang (30%) dalam kategori agak baik, 5 orang (12,50%) dalam kategori sangat tidak baik, 3 orang (7,50%) dalam kategori sangat baik, 3 orang (7,50%) dalam kategori baik, dan selebihnya lagi 3 orang (7,50%) dalam kategori tidak baik. Skor rata-rata kualitas konsep diri adalah sebesar 68,62 dalam kategori cukup baik. Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, sebagian besar cukup aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yaitu mencapai 11 orang (27,50%). Sisanya 8 orang (20%) dalam kategori aktif, 8 orang (20%) dalam kategori agak aktif, 8 orang (20%) dalam kategori tidak aktif, 3 orang (7,50%) dalam kategori sangat tidak aktif, dan 2 orang (5%) sangat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Skor rata-rata keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah sebesar 58,50 dalam kategori cukup aktif.
Korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan kualitas konsep diri (rXY) adalah sebesar 0,701 lebih besar rtabel 5% = 0,320, yang berarti ada pengaruh yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap peningkatan kualitas konsep diri siswa. Angka korelasi dapat dikategorikan kuat dan bertanda positif, Kontribusi/sumbangan yang diberikan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap kualitas konsep diri siswa adalah sebesar 49,14%. Sedangkan sisanya sebesar 50,86% adalah variabel tidak terkendali (di luar penelitian).
Hendaknya pihak sekolah memberikan dukungan sepenuhnya dalam setiap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Lebaksiu. Guru bimbingan dan konseling hendaknya menerapkan layanan bimbingan pribadi sebagai salah satu alternatif upaya untuk meningkatkan kualitas konsep diri siswa. Perlu adanya peningkatan koordinasi antara guru bimbingan dan konseling, wali kelas, siswa, dan orang tua siswa dalam upaya peningkatan kualitas kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di masa yang akan datang.
Inggris :
Setianingsih, Meri. 2010. Efforts to Improve Quality Through Self-concept Scouts Extracurricular Activities in Secondary Schools 2 Lebaksiu Tegal Regency Academic Year 2009/2010. Thesis: Guidance and Counselling Faculty of Education and Pedagogy University Pancasakti Tegal. Keywords: Self-concept, Extracurricular Scouts.
Problems in this study are: (1) How the quality of students' self concept? (2) How does Scout in extracurricular activities to improve the quality of students' self concept? (3) How did the extracurricular activities of Scouts on improving the quality of students' self concept of SMP Negeri 2 Lebaksiu Tegal regency Academic Year 2009/2010? This study aims to: understand the quality of students 'self concept; Scouts extracurricular activities in improving the quality of students' self concept, and whether there is any effect of extracurricular activities to improve the quality of Scouting self concept students of SMP Negeri 2 Lebaksiu Tegal regency Academic Year 2009/2010.
The study population of some 100 students to pursue extracurricular activities Scouts. The sample in this study are a number of 40 students. Methods of data collection using questionnaires, interviews and documentation. Data were analyzed using descriptive analysis of the percentage for describing data, the Pearson Product Moment correlation analysis and analysis of determination.
Conclusion a study on the quality of self-concept most of which have self-concepts in the category of quality good enough that 14 people (35%). The rest of 12 (30%) in the category rather well, five people (12.50%) in the category of not very good, three people (7.50%) in the category of very good, three people (7.50%) in both categories, and the rest another three people (7.50%) in the category of no good. The average score of the quality of self-concept is at 68.62 in the category quite well. Students who pursue extracurricular activities Scouts, most fairly active in extracurricular activities that reached 11 people Scouts (27,50%). The remaining eight women (20%) in the active category, eight people (20%) in the category rather active, eight people (20%) in the inactive category, three people (7.50%) in the category of not very active, and two people (5%) is very active in extracurricular activities Scouts. The average score of the activity in extracurricular activities is a Scouts of 58.50 in the category quite active.
The correlation between extracurricular activities with the Boy Scouts of quality self-concept (rxy) is approximately 0.701 larger rtable 5% = 0.320, which means there is significant influence extracurricular activities Scouts of improving the quality of students' self concept. Figures strong correlation can be categorized and marked positive, contributions / donations were Scouts of extracurricular activities to students' concept of quality is at 49.14%. While the rest of 50.86% are uncontrolled variables (outside the study).
The school should give its full support in every implementation of guidance and counseling services in extracurricular activities at the Junior High School Scout 2 Lebaksiu. Teacher guidance and counseling, personal counseling services should be implemented as an alternative to efforts to improve the quality of students' self concepts. Need to increase coordination between the teachers' guidance and counseling, grade, the students, and parents in improving the quality of extracurricular activities Scouting in the future.
BK081090 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain